Peringatan Hari Skateboard Sedunia

Skaters Keliling Kota Dengan Kenakan Sarungan

Jombang, Koran Memo – Dalam rangka memperingati hari skateboard sedunia, komunitas skateboard Jombang menggelar skate parade, Minggu (21/6). Selain melakukan parade, para anggota komunitas ini pun juga melakukan berabagai atraksi di alun-alun Kota Jombang. Menariknya lagi, mereka beraksi dengan mengenakan sarung dan peci (kopyah). Ini dimaksudkan sekaligus untuk menghormati datangnya bulan suci Ramadan.

Komunitas skateboard Jombang, beraksi dengan mengenakan sarungan dan peci (agung/memo)
Komunitas skateboard Jombang, beraksi dengan mengenakan sarungan dan peci (agung/memo)

Dilihat dari sejarahnya, hari skateboard sedunia ini dikenal dengan istilah “Go Skateboarding Day”. Go Skateboarding Day sendiri dibuat oleh sekelompok perusahaan skateboarding pada tahun 2004 guna mempromosikan skateboarding dan membantu membuatnya lebih terlihat ke seluruh dunia. Bernaung dibawah organisasi International Association of Skateboard Companies (IASC), Go Skateboarding Day diharapkan memberikan gairah pada masyarakat pencinta skateboard guna berkreasi lebih aktif dan positif, tidak hanya dipakai untuk sekedar mengisi waktu liburan.

Ainur Rokhim (24), koordinator acara  mengatakan, kegiatan Go Skateboarding Day ini mereka lakukan untuk memperingai hari skateboard sedunia. Acara ini untuk menarik minat masyarakat Jombang agar makin banyak penggemar skateboard di kota santri. “Kegiatan dilakukan untuk memperingati hari skateboard sedunia. Selain itu, kegiatan untuk lebih memperkenalkan lagi  skateboard di Jombang. Untuk saat ini sudah ada 70 anggota di komunitas kami,” ujarnya.

Pengamatan Koran Memo, parade ini dilakukan sekitar pukul 16.00 WIB. Awalnya puluhan anggota komunitas skateboard berkumpul di alun-alun kota santri. Kemudian, mereka melakukan pemanasan dengan menunjukan atraksi-atraksi kecil di sirkuit yang sudah disiapkan. Hal ini dilakukan sembari menunggu anggota komunitas yang berjumlah sekitar 70 orang ini datang seluruhnya.

Setelah persiapan selesai, para skaters ini langsung meluncur menyusuri Kota Santri,dengan mengenakan sarung dan peci. Dari alun-alun, komunitas ini kemudian meluncur menggunakan skateboard mereka ke Jl Wahid Hasyim Jombang. Mereka pun menyusuri Jl Wahid Hasyim dan berputar balik di simpang empat ringin contong yang menjadi ikon Kabupaten Jombang.  “Kegiatan ini memang kami desain dengan memakai sarung sama peci. Karena saat ini adalah bulan suci Ramadan,” tambah Ainur.

Ainur berharap, komunitas skateboard ini bisa terus eksis. Selain itu, diharapkan anggota komunitas juga semaki lama semaki bertambah. “Memang skateboard sudah mulai tidak asing dimata remaja Kota Jombang. Sehingga kami berharap anggota komunitas semakin banyak,” pungkasnya.(agung pamungkas)

Follow Untuk Berita Up to Date