Peringatan Hari Keluarga Nasional, Ini Pesan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jatim

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) menjadi sangat penting dan strategis bagi Pemerintah Kabupaten Nganjuk. Mengingat peran keluarga sebagai pilar utama dalam pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkualitas.

Hal itu diungkapkan Bupati Nganjuk, Senin (29/6) dalam sambutan selamat datang kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak, saat menghadiri acara pringatan HARGANAS dan penyuluhan fasilitas pelayanan KB di RSIA Alf-Subtin Jalan Anjuk Ladang Nomor 21 Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganuk.

Dalam sambutan, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jatim, Arumi Bachsin, banyak menjelaskan dan mengimbau tentang kerjasama pasangan suami istri untuk program Keluarga Berencana (KB).

Pada dasarnya kesejahteraan keluarga itu tanggung jawab seluruh anggota keluarga. Begitu juga perihal KB. Program KB bukan hanya kewajiban istri yang harus sadar akan fungsi KB akan tetapi peran suami untuk mendukung program tersebut jadi sangat penting, yakni dengan melakukan MOP/vasektomi.

“BKKBN bukan hanya memberikan ultimatum bahwa KB dua anak cukup, tetapi bagaimana kita dapat merencanakan,” ungkapnya.

Arumi menyebut, merencanakan itu sebaiknya dilakukan dari jauh-jauh sebelum menikah. Mau menikah di usia berapa? sesuai dengan anjuran untuk wanita minimal usia 21 tahun dan pria minimal usia 25 tahun.

“Bukan cukup, akan tetapi dua anak lebih baik. Lebih baik secara ekonomi dan kualitas dalam mendidik anak,” ujar istri Emil Elestianto, Wakil Gubernur Jawa Timur.

Arumi menambahkan, tingkat kualitas dari keluarga yang direncanakan akan jauh baik daripada yang tidak terencana. Menindaklanjuti hal ini, BKKBN mendukung dengan sangat untuk keluarga Indonesia mewujudkan keluarga yang berkualitas.

“Dalam rangka HARGANAS Ke-27 ini BKKBN memberikan pelayanan KB serentak sejuta akseptor di seluruh Provinsi Jawa Timur,” pungkas arumi. (adv/humas pemkab)

Reporter Andik Sukaca
Editor Achmad Saichu