Periksa Senpi Anggota, Ini Yang Ditemukan Propam Polres Nganjuk

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Untuk mengantisipasi segala kemungkinan menjelang pelaksanaan pemilu, sebanyak 118 pucuk senjata api (senpi) pistol dari 6 jenis (Taurus, CPPS, Pindad 4 inchi, S&W 2 inchi, dan COPS), yang dibawa anggota reskrim Polres Nganjuk dan polsek jajaran, diperiksa, Kamis (11/4/2019).

Pemeriksaan yang dilakukan Propam Polres Nganjuk ini mulai dari izin pakai, kebersihan senjata, termasuk amunisinya. Dari 118 pucuk pistol itu, 3 diantaranya surat izin pemiliknya tak terawat, serta satu gagang pistol dibiarkan rusak.

“Itu dilaminating surat izinnya, jangan dibiarkan telanjang seperti ini. Yang gagangnya rusak itu, segera diperbaiki,” pesan Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta kepada anggota Reserse Kriminal pemegang senpi.

Menurutnya, pistol ini ibaratnya istri kedua, jadi harus dirawat serta disimpan baik-baik dan jangan boleh dipegang istri pertama. “Pistol hanya boleh dipegang oleh yang bersangkutan. Ojo glethak glethek, mundak disaut wong liyo lo bojo keduamu kuwi,” ujar Dewa seraya bercanda dengan Bahasa Jawa.

Dikatakan, pemeriksaan senpi ini rutin dilakukan untuk mengecek kedisiplinan anggota dalam merawat senjata. Terlebih jelang pemilu, untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga, maka perlu persiapan, termasuk senjata.

Dewa berharap, pelaksanaan pemilu yang tinggal menghitung hari ini dapat berjalan dengan aman dan lancar serta tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“TNI dan Polri siap mengamankan jalannya pemilu. Kami mohon masyarakat ikut berpartisipasi dalam mengamankan pemilu,” tukasnya.

Reporter : Muji Hartono

Editor : Achmad Saichu