Pergi Sekolah Bersepeda, Mantap

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Ratusan pelajar dari tingkat SLTP dan SLTA, pagi ini, Senin (30/4) di depan Pendapa Pemkab Nganjuk, melakukan aksi gerakan bersepeda bersama ke sekolah. Seruan gerakan bersepeda ke sekolah (Segerkola) ini ditandai dengan MoU antara Polres Nganjuk dengan instansi terkait.

Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nanta Wiranta dalam sambutannya mengatakan, seruan gerakan bersepeda ke sekolah ini tujuannya untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas, khususnya para pelajar.

“Penyebab kecelakaan lalu lintas salah satunya faktor kelalaian manusianya, dan kendaraan yang digunakannya. Mari gunakan moda transportasi sehat dan merakyat, untuk mengurangi kemacetan, polusi, dan mengurangi kecelakaan lalu lintas,” kata Dewa.

Sementara itu, Plh Bupati Nganjuk Ir Agoes Soebagijo menyambut baik gagasan dan ide yang inovatif serta kreatif ini. Pihaknya mendukung Segerkola ini karena mengingat banyak faktor negatifnya jika anak usia sekolah yang belum memiliki SIM bersepeda motor. “Bersepeda itu kan sehat,” tandasnya.

Sebelum bersama-sama bersepeda mengantar para pelajar ke sekolahnya masing-masing, Kapolres Nganjuk menandatangani nota kesepahaman tentang larangan bagi pelajar yang belum punya SIM mengendarai sepeda motor ke sekolah, dan larangan bagi rumah yang menyediakan tempat penitipan motor di dekat sekolah.

MoU tersebut ditandatangani Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta, Plt Kepala Dinas Pendidikan Drs. H. Gondo Hariyono, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Nganjuk, Adi Prayitno, Kasatpol PP Abdul Wakid, Kepala Dinas Perhubungan Nur Solekan dan Kepala Kantor Kemenag Barozi.

Reporter : Muji Hartono
Editor      : Achmad Saichu