Percantik Kawasan Wisata Pantai Prigi Agar Lebih Ramah Pengunjung

Trenggalek, Koranmemo.com – Kabupaten Trenggalek mendapat suntikan dana pusat sebesar Rp 12,7 miliar untuk penataan kawasan wisata Pantai Prigi. Anggaran sebesar itu rencananya bakal direalisasikan berupa fasilitas umum serta sarana dan prasarana (sarpras) penunjang lainnya untuk mempercantik lokasi wisata. Pembangunan tersebut bakal dilakukan secara bertahap.

Objek yang akan dibangun di wisata yang terletak di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo itu adala taman, tempat bermain, musala, toilet hingga pujasera. Termasuk sarpras bagi penyandang disabilitas. “Nanti juga akan ada patung Turonggo Yakso setinggi dua meter dari material perunggu,” kata Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin usai peletakan batu pertama, Jumat (30/8).

Patung Turonggo Yakso ini bakal berdiri kokoh di tengah-tengah taman wisata kebanggaan masyarakat Trenggalek. Mas Ipin mengaku kaget dengan adanya patung ini karena sebelumnya tidak masuk dalam pembahasan. “Semoga keberadaan patung ini semakin mempercantik dan mengembalikan masa kejayaan Pantai Prigi,” kata Mas Ipin.

Mas Ipin berharap intervensi anggaran dari pemerintah pusat ini dapat berlanjut di tahun berikutnya untuk menuntaskan seluruh progres penataan kawasan Pantai Prigi. Dalam kesempatan itu Mas Ipin berpesan agar tidak menebang pohon yang terimbas pembangunan. “Pohon yang terkena bangunan diharapkan untuk bisa dipindahkan agar kelestarian lingkungan tetap terjaga,” pungkasnya.

PPK Penataan Bangunan dan Lingkungan Satker Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Wilayah II Provinsi Jawa Timur, Ani Firgiani mengatakan, peletakan batu pertama oleh Bupati Trenggalek itu nantinya untuk bangunan musala. Musala itu diberi nama Baitul Ghofilin. “Selain itu juga ada dua blok Pujasera di sisi barat yang mampu menampung tujuh lapak pedagang tiap bloknya,” jelasnya.

Pelaksanaan penataan kawasan Pantai Prigi itu bakal memakan waktu 120 hari dengan sumber dana dari Dipa Satker Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Wilayah II Provinsi Jawa Timur, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Kementerian PUPR akan membangunkan taman, tempat bermain, mushala, toilet dan pujasera. Dirjen Cipta Karya juga membangunkan toilet untuk penyandang disabilitas.

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date