Perbaiki Pompa Air, Tewas di Dalam Sumur

Kediri, koranmemo.com — Rifa Paulus (27) warga RT 01/RW 06 Desa Wonorejo Trisulo Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri, tewas setelah tersengat listrik, Senin (31/12). Korban bersama Yasin (30) dan Wito (40), bekerja sebagai pekerja sumur bor dan saat kejadian sedang membetulkan pompa air milik Sugeng Cahyono (45) di Dusun Rejomulyo Desa Wonorejo Trisulo.

Kasi Humas Polsek Plosoklaten, Bripka Mayanto Fajar mengatakan, petugas mendapat laporan dari Mohammad Mustofa (45) Kepala Desa Wonorejo Trisulo, salah satu pekerja sumur bor meninggal dunia saat mencoba membersihkan pompa air. “Mustofa melaporkan, bahwa Rifan (korban) meninggal dunia saat mencoba membersihkan pompa air dan posisinya berada di dalam sumur,” jelasnya kepada koranmemo.com.

Sugeng, lanjut Mayanto, meminta korban, Yasin dan Wito untuk mengebor dan membersihkan pompa air yang berada di sumur belakang rumahnya. Yasin masuk ke dalam sumur terlebih dahulu, kemudian disusul korban. “Mereka masuk ke dalam sumur untuk membenahi pompa yangg berada di dalam sumur tersebut. Korban yang berada di dalam sumur, saat itu sedang memegang tabung pompa air untuk membersihkan lumpur dan menyuruh Sugeng menyalakan listrik,” sahutnya.

Ketika Sugeng menyalakan saklar listrik, sambung Mayanto, tiba – tiba korban terpelanting dan kejang – kejang. Yasin yang juga berada di dalam sumur, berusaha menolong korban dengan memberi napas buatan. “Mengetahui korban kejang – kejang, Yasin mencoba memberikan napas. Namun nyawa korban tidak dapat tertolong, karena tersengat arus listrik yang cukup tinggi,” imbuhnya.

Karena nyawa korban tidak dapat tertolong, Yasin segera naik ke atas dan meminta tolong warga untuk mengeluarkan jenazah korban dari dalam sumur. “Kemungkinan, tangan korban basah dan ada sambungan kabel yang terkelupas. Petugas Inafis Polres Kediri dan petugas medis masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ucap Mayanto.

Ditambahkan, kejadian ini disebabkan karena kelalaian saat melakukan pekerjaan. Pihaknya mengimbau kepada warga, jika membenahi kabel dan berhubungan dengan arus listrik harus memperhatikan keselamatan kerja. “Paling tidak, memperhatikan sambungan kabel, menggunakan sarung tangan, dan jika tubuh basah sebaiknya jangan memegang alat yang dialiri arus listrik,” tandasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date