Peran Ulama dan Umaro penting dalam membangun SDM

Share this :

Kediri, Koranmemo.com – Pjs. Wali Kota Kediri, Jumadi bersama ulama dan umaro, Senin (4/6) melakukan acara buka bersama di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri.  Acara itu juga dihadiri  Sekretaris Daerah Kota Kediri, Budwi Sunu, jajaran kepala OPD, para asisten dan segenap staf ahli, Ketua Baznas Kota Kediri, Dawud Samsuri beserta pengurus, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Jumadi menuturkan, dalam membangun SDM yang berkualitas tidak hanya bermodal cerdas intelektual, namun juga harus cerdas emosional serta cerdas spiritual. Maka, peran para ulama juga tokoh agama itu penting dan strategis.

Untuk itu, dia mengajak  seluruh komponen dan masyarakat Kediri untuk bersyukur  masih diberi kesempatan bisa bersilaturahmi di bulan yang penuh kemuliaan dibanding dengan bulan-bulan yang lain yakni bulan suci Ramadhan.

“Marilah kita bersyukur atas nikmat yang Allah limpahkan pada kita semuanya sehingga dapat  bersilaturahmi. Saya yakin, silaturahmi ini memiliki nilai sosial, nilai religi yang sangat tinggi dan ini sudah disyariatkan oleh Rasulullah dalam ayat Alquran, barang siapa bersilaturahmi akan dipanjangkan umurnya, barokah rejekinya,” tutur Jumadi.

Jumadi juga meminta di 10 terakhir bulan Ramadan, masyarakat meningkatkan kualitas ibadah untuk menjadi mukmin-mukmin yang berkualitas imannya serta mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga Kota Kediri tetap kondusif terkait perhelatan Pilkada.

 “Sebentar lagi kita akan menyelenggarakan Pilkada baik  Pilgub maupun Pilwali tanggal 27 Juni nanti. Marilah menjelang tanggal 27 Juni maupun sesudahnya, walaupun ada keberagaman pilihan tetap menjadi warga Kota yang bersatu, damai dan sejuk karena pada prinsipnya umat muslim itu adalah umat yang welas asih, umat yang cinta damai dan memiliki toleransi yang luar biasa. Saya yakin, masyarakat Kota Kediri sangat menjunjung toleransi keberagaman,” ajaknya.

Sementara itu di sela acara buka bersama ulama dan umaro dilaksanakan juga pemberian santunan bagi anak yatim secara simbolis oleh Pjs. Wali Kota Kediri beserta Pjs. Ketua TP PKK, Mimin Jumadi kepada 150 orang.

Jumadi berpesan kepada anak-anak yatim untuk senantiasa meneladani akhlak Baginda Rasulullah SAW yang merupakan pemimpin terbaik.

“Rasullulah itu tidak ada bandingannya di seluruh jagad ini, beliau itu panutan sempurna dan terbaik. Untuk itu, anak-anakku semuanya contohlah Rasulluloh agar kelak sukses dunia akhirat,” tuturnya.

Editor: Bambang Iswahyoedhi