Per 17 Januari, Penumpang KA Dapat Check-in di Seluruh Stasiun Online

Nganjuk, koranmemo.com – PT KAI (Kereta Api Indonesia)(Persero) memberlakukan aturan baru terkait layanan Check-in mulai Kamis (17/1) pukul 15.00 WIB. Langkah ini dilakukan sebagai wujud peningkatan pelayanan guna memberikan kemudahan bagi penumpang kereta api.

Humas PT KAI Daop VII, Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, penumpang yang telah mendapatkan bukti pembelian tiket kereta api (blanko tiket putih, email notifikasi, struk dan e-ticket) kini sudah dapat melakukan Check-in (mencetak Boarding Pass) pada mesin Check-in Counter di semua stasiun online yang melayani kereta api jarak jauh. Check-in di seluruh stasiun online ini hanya dapat dilakukan mulai H-7 hingga H-1 (24 jam) sebelum keberangkatan kereta api.

“Misalnya, penumpang KA Singasari dengan relasi tiket Blitar-Pasar Senin, yang akan berangkat tanggal 2 Februari 2019 mendatang. Penumpang dapat Check-in di Stasiun Kediri, selambat-lambatnya tanggal 1 Februari 2019 atau 24 jam sebelum jadwal pemberangkatan kereta api,” jelasnya.

Jika kurang dari 24 jam, Ixfan menjelaskan, penumpang hanya bisa melakukan Check-in di stasiun keberangkatannya dan stasiun antara sesuai relasi tiket kereta api.

“Perubahan aturan ini bertujuan memudahkan penumpang yang ingin melakukan Check-in jauh-jauh hari dari stasiun online terdekat yang mereka inginkan. Ini juga mencegah keterlambatan penumpang karena adanya antrean Check-in di mesin sewaktu hari keberangkatan,” paparnya.

Lebih jauh, Ixfan menyampaikan pihak KAI juga telah menyediakan fitur e-boarding pass pada aplikasi KAI Access. Fitur ini membuat penumpang tidak perlu lagi repot-repot mengantre di mesin Check-in Counter untuk check-in.

“E-Boarding Pass dapat diakses oleh penumpang mulai dari 2 jam sebelum keberangkatan kereta apinya,” ujarnya.

Dengan berbagai kemudahan ini, PT. KAI berharap dapat membuat penumpang kereta api merasa lebih mudah dalam melakukan perjalanan. Baik itu dari mulai sebelum keberangkatan, selama perjalanan, hingga tiba di stasiun tujuan.

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date