Penyerahan Hasil Reses dan Penetapan Renja DPRD Nganjuk Tahun 2021

Nganjuk, koranmemo.com – DPRD Kabupaten Nganjuk menggelar rapat paripurna, Rabu (30/9). Agenda rapat paripurna kali ini adalah penyerahan hasil reses atau kegiatan anggota dewan untuk menyerap aspirasi rakyat yang diwakilinya. Agenda kedua yakni penetapan rencana kerja tahunan (Renja) tahun 2021.

Acara dimulai tepat pukul 10.30 WIB, dibuka dengan laporan rencana kerja tahunan DPRD Nganjuk tahun 2021dan dilanjutkan dengan penyampaian rancangan keputusan (rantus) DPRD tentang rencana kerja tahunan DPRD Nganjuk 2021. Penyampaikan dilakukan oleh petugas dari DPRD Kabupaten Nganjuk.

Tatit Heru Tjahjono, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk mengatakan, hasil reses anggota dewan diharapkan dapat ditindak lanjuti oleh Bupati. Hal ini, supaya masuk rencana kerja pemerintah daerah sehingga hasil reses dapat disandingkan dengan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) yang dilakukan oleh eksekutif.

“Mulai musrenbang desa, kecamatan, hingga kabupaten. Nanti hasil reses ini akan kita bahas dan masuk di Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nganjuk tahun 2021,” ujar Tatit.

Baca Juga: Pemkab Nganjuk Gelar Pembinaan Peran Perempuan Pada Masa Pandemi

Paling banyak usulan aspirasi yang masuk ke DPRD ada pada bidang infrastruktur, kegiatan-kegiatan ekonomi, dan bantuan sosial. “Saya meyakini, teman-teman bisa memperjuangkan hasil resesnya dan nanti kita akan diskusi dengan pihak eksekutif bahwa mereka juga sudah menyiapkan musrenbang dan dari kita ada reses yang semuanya untuk kepentingan masyarakat,” tambahnya.

Tatit juga menyampaikan kendala reses di tahun ini akibat pandemi Covid-19. Saat pandemi ini masa harus dibatasi. Namun masyarakat tetap bisa mengajukan aspirasinya melalui DPRD.

Baca Juga: Bupati Nganjuk Serahkan Sertifikat PTSL di Desa Pulowetan

“Pelaksanaannya tidak senormal dulu. Dulu minimal 100 peserta, kita bisa melakukan berbagai kegiatan. Sekarangdibatasi hanya 20 peserta, tapi sudah cukup mewakili. Seperti tokoh masyarakat, BPD, RT/RW,” pungkasnya.(advertorial)

Reporter : Inna Dewi Fatimah

Editor : Della Cahaya