Penyekatan Jalan Hingga Tak Ada Pemeriksaan Kendaraan

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Satlantas Polres Kediri melakukan penyekatan (penutupan) jalan di beberapa titik keramaian, di antaranya Simpang Lima Gumul (SLG) dan wilayah Pare. Selain itu, sementara ini kegiatan pemeriksaan kendaraan ditiadakan.

Menurut Kasat Lantas Polres Kediri, AKP Hendrix Kusuma Wardhana, sementara kegiatan penindakan atau tindakan represif dikurangi bahkan tidak ada. “Bisa dibilang tidak ada ya. Kamu imbaukan ke masyarakat, untuk tetap taat saat berkendara di jalan,” tuturnya, Kamis (26/3).

Maksudnya, kata AKP Hendrix, selama beberapa waktu ke depan, masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi tetap melengkapi surat-surat seperi SIM dan STNK. Tak hanya itu, terpenting saat berkendara yaitu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. “Supaya tertinggi diri dan menjadi budaya tertib berlalu lintas di Kediri, khususnya Kabupaten Kediri,” imbuhnya.

Sementara itu, mengenai penyekatan maupun penutupan ruas jalan, Satlantas Polres Kediri bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP Kabupaten Kediri serta forum lalu lintas. Ini dilakukan sesuai instruksi Kapolri untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (COVID-19).

AKP Hendrix mengatakan, ruas jalan yang ditutup seperti di tugu sembilan wilayah SLG, supaya masyarakat yang melintas lebih baik menggunakan jalur lain. Dikhawatirkan, jika melewati jalan tembus yang ada di SLG, pengguna jalan akan singgah dan berkumpul di sekitar SLG.

Selain di SLG, lanjutnya, penutupan jalan juga dilakukan di Pare. “Di Pare juga sudah dilakukan, seperti di kawasan tertib lalu lintas serta lokasi yang sering digunakan untuk lokasi berkumpul para remaja. Jadi harapannya, akses ke luar-masuk wilayah Pare khususnya dibatasi,” ujarnya.

AKP Hendrix berharap, upaya yang dilakukan dapat menekan penyebaran virus Corona, dan masyarakat juga harus turut membantu sehingga upaya yang dilakukan dapat maksimal.

“Kami juga memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat agar mendukung pemerintah pusat dalam mencegah virus Corona. Harapan kami masyarakat sadar, pentingnya keselamatan menjaga diri dari wabah virus Corona,” pungkasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date