Penyaluran BST di Kab. Kediri Tahap ke 3 Rp 600.000 per KK

Share this :

Kediri, koranmemo com – Pemkab Kediri melalui Dinas Sosial Kabupaten Kediri, Selasa (7/7) siang, di Balai Desa Gogorante Kecamatan Ngasem menyalurkan Bantuan Sosial Tunai(BST) dari Kementrian Sosial, bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 600.000 per kepala keluarga (KK) ini merupakan tahap III dan terakhir. BST diberikan pada bulan April, Mei dan Juni. Untuk penerimaan bulan Juni diterimakan pada bulan Juli.

Suharsono Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri menjelaskan, pembagian BST untuk saat ini dibagikan merata di 5 Kecamatan, masing-masing Grogol, Banyakan, Tarokan, Gampengrejo dan Ngasem. Jumlah total penerima BST untuk tahab III di lima kecamatan berjumlah 6521 keluarga penerima manfaat (KPM). BST juga diberikan ke penyandang disabilitas.

Ditambahkan, bantuan ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap warga Kabupaten Kediri yang terdampak pekerjaan dan ekonominya selama Pandemi Covid- 19. Sementara jumlah penerima BST di Kecamatan Banyakan ada 1589 kpm, Kecamatan Grogol 1217 kpm, Kecamatan Tarokan 1126 kpm, Kecamatan Gampengrejo 876 kpm dan untuk Kecamatan Ngasem 1713 KPM.

“ Secara total ada 6521 di lima kecamatan. Sedangkan di Kecamatan Mojo dan Semen ada 5848 KPM. Kami berharap kedepannya, semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, semoga disaat Pandemi Covid -19 perekomian mereka bisa terbantu dan bisa dimanfaatkan dengan baik dan dimanfaatkan dengan baik. Kami berharap pandemi ini segera berakhir dan masyarakat dapat beraktifitas normal seperti biasanya,” ujarnya.

Sementara Drs. Rifai Kepala Desa Gogorante Kecamatan Ngasem menyampaikan jumlah warga Desa Gogorante yang menerima 150 KPM dan ketiganya kalinya dan dimanfaatkan untuk keperluan sehari hari. Yang menerima BST di balai desa Gogorante ada lima desa,diantaranya Desa Doko,Paron, Gogorante,Ngasem dan Tugurejo.

“Bantuan Sosial Tunai (BST) ini sudah kami data sesuai dengan sasaran. Kami sudah lakukan cek ricek terhadap semua warga penerima KPM di desa kami dan kami pastikan tidak salah sasaran dan merupakan tahap III. Karenanya kami berharap warga menggunakan untuk kepentingan utama dalam keluarga,”ujarnya.

Sedangkan Danis Surya Utama KPM dari kelompok Disabilitas merasa senang menerima BST senilai 600.000 ini dan tahap III. Pria dengan keahlian berkomputer ini akan memanfaatkan bantuan dengan baik untuk keluarganya. “ Karenanya saya berterima kasih adanya bantuan ini untuk kelompok difabel,” katanya.(Adv/KominfoKabKediri)

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu