Penuhi Nomenklatur Baru, Kominfo Gandeng BPS dan OPD

Lamongan, koranmemo.com – Segala upaya persiapan dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika, termasuk melakukan pemenuhan dalam hal menyelenggarakan kepemerintahan berbasis elektronik. Tujuannya tak lain untuk melakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah.

Melalui pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM), Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamongan siap berorientasi menuju perubahan. Berbagai macam pembekalan, baik teori terus dilakukan secara intens dengan mengundang mitra kerja pemerintahan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Edwyn Anedi dalam keterangannya mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang fokus melakukan berbagai upaya sebagai kesiapan sebuah nomenklatur yang terbilang baru yakni bidang statistik.

Dijelaskannya, untuk seksi statistik melaksanakan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan. Serta untuk pelaporan meliputi penyusunan statistik sektoral, laporan pembangunan, penyusunan laporan bidang sosial, ekonomi, pertanian, industri, kesehatan serta penyusunan integrasi dan analisis data serta statistik pendukung kebijakan.

Langkah efektif yang diambil untuk mengimplementasikan hal tersebut, tambah Edwyn, melakukan kerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan juga dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Lamongan, untuk pengumpulan informasi.

Menurutnya, data-data yang diperoleh dari BPS dan setiap OPD tersebut telah valid, hingga nantinya tinggal melanjutkan untuk melakukan pengolahan. Meski begitu, hal awal yang perlu disiapkan yakni pembekalan Sumber Daya Manusianya.

“Ini sudah mulai tapi belum selesai. Untuk itulah, kominfo masih melakukan berbagai macam cara agar bidang statistik dapat berjalan secara optimal dan hemat biaya dengan cara melakukan sosialisasi untuk SDM yang nantinya akan ditugaskan mengolah data,” ujar Edwyn.

Sembari mencontohkan, Edwyn menyebut Dinas Kominfo Kota Jawa Barat dalam menghimpun data sektoral dilakukan secara bertahap, tiap tahun hanya 7 sektor dan seterusnya.

“Itu sangat bagus, karena tidak mungkin kita melakukan pelatihan kepada semua OPD di berbagai sektor,” imbuhnya.
Disamping itu, masih menurutnya, pihaknya juga siap melakukan studi banding ke wilayah lain untuk mencari bentuk yang benar-benar kongkrit dan sesuai bagi statistik di Kominfo Kabupaten Lamongan untuk jadi lebih baik.

Reporter Fariz Fahyu
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date