Pengumuman PPDB, Langsung Daftar Ulang

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Setelah hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 diumumkan oleh pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri, orang tua peserta didik baru memilih untuk segera melakukan daftar ulang.

Pengumuman PPDB baik jenjang sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP) Negeri, diumumkan melalui sistem dalam jaringan (daring) maupun di lembaga pendidikan.

Pengumuman untuk jenjang SMP, dapat dilihat mulai pukul 12.00 WIB, namun dari pantauan Koranmemo.com, beberpa orangtua dan calon peserta didik baru sudah berada di sekolah mulai pukul 08.00 WIB. Akibatnya, banyak dari orangtua yang kembali pulang, dan memutuskan datang kembali setelah pengumuman dilakukan.

Seperti salah satu orang tua calon peserta didik baru, Hartini (34) asal Kelurahan Banjarmlati mengaku, datang ke SMP Negeri 8 Kota Kediri untuk melihat hasil pengumuman. Padahal, pengumuman belum diberikan dari Disdik.

“Saya datang pukul 09.00 WIB, tapi balik lagi karena belum ada pengumuman yang ditempel. Memang bisa melihat melalui website, tapi lebih pas kalau langsung di sekolah,” ucap Hartini, Senin (24/6).

Ia merasa sangat bersyukur, anaknya dapat diterima di sekolah negeri dan berada di urutan ke 114. Bahkan, ia meluangkan waktu untuk menemani anaknya u melakukan daftar ulang.

Untuk itu, Hartini harus mengajukan izin kepada tempatnya bekerja untuk tidak masuk kerja. Sekolah tersebut, merupakan sekolah pilihan kedua saat melakukan pendaftaran PPDB.

Hal senada juga diutarakan Anis Fatul (48), orangtua calon peserta didik baru asal Kelurahan Ngampel. Menurutnya segera melakukan daftar ulang diawal lebih baik sehingga hanya perlu menyiapkan keperluan berikutnya.

“Tadi anak saya di urutan 122, ini sekolah pilihan kedua, sebelumnya di SMP Negeri 4 Kota Kediri. Hanya terpaut selisih koma, urutannya sudah jauh berbeda,” ujar Anis.

Dari pantauan Koranmemo.com, terjadi penumpukan jumlah orangtua calon peserta didik baru. Mereka antre untuk mengambil berkas daftar ulang, namun sebagian dari orangtua memilih membawa pulang berkas dan dikembalikan keesokan hari.

Padahal, pihak sekolah sudah menyediakan ruang sesuai dengan urutan calon peserta didik untuk mempermudah pengambilan berkas tersebut. Sedikitnya ada 11 ruang yang disediakan pihak sekolah untuk pengumpulan berkas daftar ulang.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Achmad Saichu