Pengukuhan Pasukan Merah Putih Narapidana

Kediri, koranmemo.com-Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Kediri mengikuti upacara bendera di halaman Lapas Kelas II A Kediri di Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Kediri, Senin (21/5). Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) itu sekaligus mengukuhan Pasukan Merah Putih Narapidana.

Kusmanto Eko Putro, Kepala Lapas Kelas II A Kediri mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme kebangsaan. Dia berharap, semangat kebangsaan ini selaras keinginan perubahan WBP menjadi lebih baik. “Rasa nasionalisme yang sudah tumbuh kita kembangkan. Kita ingatkan lagi, kita merefresh pada warga binaan. Apapun juga mereka tetap bagian anak bangsa,” kata Eko.

Nantinya pasca pengukuhan pasukan merah putih narapidana ini, Eko akan melakukan pembinaan berkelanjutan. Pembinaan berkelanjutan itu di antaranya adalah pendidikan dan pelatihan pertukangan melalui kerja sama dengan pemerintah daerah, balai latihan kerja setempat, swasta atau badan sosial lainnya.

“Ini adalah cikal bakal untuk kegiatan pembinaan selanjutnya, jadi tidak berhenti hanya sampai disini saja,” imbuhnya.

Bertajuk “Bhakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana”, rangkaian kegiatan ini akan dilakukan secara berkesinambungan. Eko menyebut, melalui aksi pasukan merah putih narapidana yang sudah mendapatkan pelatihan dan bersertifikasi, mereka mulai melakukan kerja nyata bhakti kepada negeri diantara melakukan perbaikan infrastuktur atau fasilitas umum di lingkungan masyarakat. “Mereka perwakila. Seluruhnya kami bina untuk membangun konsep pemasyarakatan, agar jadi manusia yang ikut serta membangun,” jelasnya.

Kegiatan bakti kepada negeri yang akan dilakukan pada 17 Agustus mendatang ini sebagai wujud rekonsiliasi atau penebusan salah serta khilaf narapidana kepada masyarakat dan bangsa yang telah ‘dilukai’. Nantinya kegiatan itu akan dilaksanakan sebanyak 111 UPT Pemasyarakatan yang ditunjuk Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. “Segala bentuk pelatihan yang mereka dapatkan, sudah saatnya diimplementasikan menjadi sebuah karya yang konkrit,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya ratusan WBP beserta petugas Lapas Klas II A Kediri membersihkan lingkungan dan melakukan pengecatan gedung kantor menggunakan warna abu-abu muda dan merah hati secara serentak, Minggu (20/5). Selain bhakti kepada negeri yang akan dilakukan berpetapan peringatan Hari Kemerdekaan, nantinya juga dilakukan peringatan Hari Dharma Karyadhika 30 Oktober mendatang.

Reporter : Angga Prasetya

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date