Penggundulan Hutan Amazon Bulan Januari Meningkat Dua Kali Lipat

Share this :

Brazil, koranmemo.com –Penggundulan hutan hujan Amazon di Brazil meluas lebih dari dua kali lipat pada bulan Januari dibandingkan dengan tahun lalu. Lembaga penelitian antariksa Brazil (INPE) Sabtu (8/2), merilis data mengenai luasan wilayah hutan Amazon yang mengalami penggundulan selama bulan Januari.

Berdasarkan data yang dirilis oleh INPE, lebih dari 280 kilometer persegi telah mengalami penggundulan. INPE sendiri mencatat luasan ini meningkat sebanyak 108 persen dan merupakan penggundulan hutan terluas dalam sebulan sejak Januari 2015. Sebagai perbandingan, pada Januari 2019 wilayah yang mengalami penggundulan sebesar 136 kilometer persegi, sedangkan pada Januari 2018 sebesar 183 kilometer persegi.

Dilansir dari AFP, sebelumnya pada pertengahan Januari lalu, INPE juga telah merilis data mengenai perkembangan area hutan Amazon selama tahun 2019. Berdasarkan data ini, selama tahun 2019 area hutan Amazon telah berkurang seluas 9.166 kilometer persegi, meningkat 85 persen dari tahun 2018 yang hanya 4.946 kilometer persegi.

Data tersebut dihimpun oleh INPE melalui citra satelit INPE berdasarkan sistem DETER. Metode ini memungkinkan INPE untuk terus memantau kondisi yang ada di Hutan Amazon secara real time dan akurat.

Peningkatan yang tajam ini menandai tahun pertama Presiden Jair Bolsonaro, seorang yang tidak begitu percaya terhadap perubahan iklim. Hasil ini seiring dengan kebijkannya yang telah memudahkan kegiatan eksploitasi kekayaan yang ada di hutan Amazon. Pada 2 Agustus tahun lalu, Bolsonaro juga telah memecat presiden INPE saat itu, Ricardo Galvao karena telah membesar-besarkan beritan mengenai tingkat penggundulan hutan.

Tidak sampai di situ, baru-baru ini, Rabu (5/2) Bolsonaro telah mengeluarkan rencana untuk pembukaan lahan hutan Amazon untuk proyek pertambangan, pertanian, dan pembangkit listrik tenaga air. Kebijakan yang belum disetujui oleh kongres ini, tentu menjadi mimpi buruk bagi para pecinta lingkunga dan pemimpin suku yang bermukim di Amazon.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date