Pengamanan Nataru juga Waspadai Bencana Alam

Kediri, koranmemo.com – Dalam pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru), Polres Kediri Kota melakukan patroli dengan petugas TNI dan intansi terkait, sasarannya gereja dan pos pengamanan (Pam) Nataru, Selasa (25/12).

Selain fokus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), juga mewaspadai terjadinya bencana alam di wilayah Kota Kediri. Mengingat menjelang akhir tahun, terjadi beberapa bencana alam di daerah lain.

Kapolres Kediri Kota, AKBP Anthon Haryadi mengatakan, kegiatan pengamanan terus dilakukan terutama di gereja serta melakukan patroli ke Pos Pam untuk memeriksa tingkat aktivitas di wilayah tersebut.

“Memang tidak ada kegiatan yang menonjol selama ini. Namun ada peningkatan volume kendaraan, karena saat ini musim liburan sekolah dan banyak masyarakat yang bepergian. Petugas akan selalu memantau pergerakan masyarakat. Dari Polri, ada 75 personel dan semua siap melayani kapan pun,” jelasnya, Selasa (25/12).

Pihak kepolisian, lanjut Anthon, melakukan komunikasi dan koordinasi terkait perayaan Natal di gereja. Jadi tak hanya tindakan sterilisasi dan penyisiran gereja saja, namun peran pengawasan dari pihak gereja juga sangat penting dalam mengawasi pengunjung maupun hal kecil yang mencurigakan.

“Selain preventif penyisiran dan sterilisasi polisi, pendekatan dan peningkatan komunikasi dengan para pemuka agama, petugas pengamanan internal gereja justru juga sangat penting,” imbuhnya.

Untuk tanggap bencana, dari Polres Kediri Kota khususnya dari satuan Sabhara sudah melakukan latihan dengan instansi terkait. Mengingat akhir – akhir ini banyak terjadi bencana alam.

“Ini juga untuk mengantisipasi jika terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, atau musibah yang lain. Tapi kami berharap, di wilayah hukum Polres Kediri Kota tidak terjadi bencana sehingga masyarakat dapat menikmati Natal dan tahun baru dengan nyaman,” tuturnya.

Ini lantaran sesuai dengan imbauan Kepala Biro Kerjasama Kemernterian dan Lembaga Staf Operasi (Karo Kerma KL Sops) Mabes Polri, Brigjen Pol Herry Wibowo, saat melakukan pemeriksaan pos pengamanan Operasi Lilin Semeru 2018 di sejumlah gereja dan pos pam Kota Kediri dalam kunjungannya, Senin (24/12).

“Sudah beberapa kali para Kapolres mengikuti video conference dengan Mabes Polri, mereka mengerti apa saja yang harus diwaspadai jelang perayaan Natal. Mulai arus mudik, balik, laka lantas, peningkatan arus jalan tol, kejahatan jalanan hingga kerawanan bencana alam,” tegas Herry.

Herry juga berharap kepada para kasatwil, agar melakukan tindakan tegas namun terukur bagi para pelaku kejahatan maupun pihak pihak yang ingin menganggu jalannya perayaan natal dan tahun baru.

Sementara itu, Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, Komandan Kodim 0809 Kediri menambahkan, dari pihak TNI sedikitnya ada 30 personel dalam giat operasi gabungan ini. Pihaknya juga siap membantu mengamankan perayaan Natal dan tahun baru.

“Baik petugas dari kepolisian maupun TNI, kami akan terus bersinergi untuk mengamankan perayaan Natal dan tahun baru. Petugas yang berjaga, juga siap 24 jam dalam melakukan pengamanan ini,” tandasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date