Penetapan Anggota  Legislatif Kota/Kabupaten Kediri, 4 Juli

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Penetapan anggota legislatif periode 2019 – 2024 di Kota dan Kabupaten Kediri rencananya akan dilaksanakan pada 4 Juli 2019. Kepastian ini sambil menunggu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat apakah ada gugatan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atau tidak sampai maksimal besok, Senin (1/7).

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi SDM dan partisipasi masyarakat, Nanang Qosim mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada partai politik terkait calon – calon yang berpotensi duduk di kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri periode 2019 – 2024. Setelah sosialisasi, pihaknya baru melakukan rapat pleno penetapan jumlah kursi dang anggota legislatif terpilih.“Besok, Senin tanggal 1 Juli kita lakukan sosialisasinya. Insyaallah tanggal 4 Juli kita lakukan penetapan anggota terpilih dan jumlah kursi DPRD Kabupaten Kediri di convention hall SLG,” katanya.

Sementara itu, KPU Kota Kediri memilih tidak melakukan sosialisasi kepada calon – calon yang berpotensi terpilih di DPRD Kota Kediri. Pihaknya akan langsung melakukan penetapan jumlah kursi dan anggota terpilih pada tanggal 3 Juli 2019.

“Langsung penetapan, tapi kita masih menunggu surat kepastian dari KPU RI, ada sengketa atau tidak. Jika tidak ada maka langsung kita lakukan penetapan tanggal 3 Juli,” ujar Mochammad Wahyudi Komisioner KPU Kota Kediri divisi SDM dan Parmas, Minggu (30/6).

Kapan mereka akan dilantik? Wahyudi menambahkan, sesuai prosedur KPU hanya melakukan penetapan saja sedangkan pelantikan berada dibawah wewenang DPRD. “Pelantikan SOPnya di DPRD. KPU hanya mengusulkan pelantikan ke walikota, walikota ke gubernur dan teknis pelantikan ranahnya di DPRD,” jelasnya.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu