Penebar Hoax Corona Terungkap, Diskominfo Ponorogo Sebut Tak Dibawa ke Jalur Hukum

Share this :

Ponorogo, koranmemo.com – Admin web site Infocovid19Ponorogo.id yang sempat menebar hoax, dengan menyebutkan adanya tiga warga Ponorogo positif corona Kamis (26/3 ) lalu akhirnya berhasil terungkap.

Mereka adalah, Wahidun Ni’am Fithriono Asyrofi warga Desa Blembem Kecamatan Jambon dan Moch Zain Nur Rasyid warga Kelurahan Kepatihan Kecamatan Ponorogo. Identitas kedua pengelola Web Site Infocovid19Ponorogo.id ini terungkap, setelah pihak Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Ponorogo melacak akun admin dalam website tersebut.

Keduanya pun dipanggil pihak Diskominfo, untuk mengklarifikasi dan menjelaskan maksud pencantuman 3 warga Ponorogo positif Corona yang berada di wilayah Kecamatan Ponorogo dan mengundang keresahan warga tersebut, Senin (30/3).

Kepala Seksi (KASI) Hubungan Masyarakat (HUMAS) Diskominfo Ponorogo, Alim Nur Faizin mengatakan, akibat ulah mereka pihaknya menerima banyak aduan dari warga terkait kebenaran 3 warga positif corona tersebut.

” Kemarin memang banyak yang bertanya ke kita apa benar itu. Kami jawab tidak benar. Setelah kita lacak dan terungkap siapa pengelolanya, web itu atas nama Farid dan dia ada di Surabaya, dua orang ini pengelola di Ponorogo. Kita panggil ini untuk klarifikasi,” ujarnya.

Alim mengaku, pihaknya tidak akan membawa kasus ini kejalur hukum. Namun ia meminta kedua pelaku untuk membuat surat pernyataan permintaan maaf dan tidak akan mengulangi hal tersebut. Serta menjadikan hal ini sebagai pelajaran.

” Kita minta buat surat pernyataan dan meminta maaf. Netizen itu tidak dilindungi oleh undang-undang sehingga kami imbau kepada masyarakat atau siapapun menuliskan sebuah pernyataan itu harus bisa dipertanggungjawabkan dan harus berhati-hati,” terangnya.

Sementara salah satu pelaku penebar Hoax Niam meminta maaf atas tindakanya menebar hoax corona di Ponorogo. Ia berdalih terjadi kesalahan teknis saat melampirkan data yang selanjutnya ditampilkan dalam bentuk peta sebaran tersebut.” Saya Wahidun Niam, selaku pengelola Infocovid19Ponorogo.id mengucapkan permohonan maaf kepada warga Ponorogo atas kesalahan teknis dalam penyampian data covid19 yang kami tampilkan. Tidak ada unsur kesengajaan dalam hal ini, terkait itu kami siap bertanggung jawab dan menyampaikan data berdasarkan sumber yang valid dari Dinkes,” ucap Niam saat membaca surat pernyataanya yang dibacakan secara terbuka dihadapan Kasi Humas Kominfo Alim Nur Faizin dan beberapa wartawan.

Diketahui sebelumnya, jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Ponorogo resah, hal ini menyusul beredarnya gambar peta pada web site infocovid19ponorogo.id, yang menyebutkab 3 warga Ponorogo di Kecamatan Ponorogo postif virus corona. Gambar ini pun viral di grup-grup WA ASN lingkup Pemkab Ponorogo.

Reporter Zainul Rohman
Editor Achmad Saichu