Pendidikan Vokasi Harus Sesuai Sesuai Dengan Peradaban

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Pendidikan vokasi perguruan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian saat ini diutamakan oleh pemerintah. Dengan harapan lulusan pendidikan vokasi nantinya bisa langsung terjun pada dunia kerja. Namun dengan perkembangan Teknologi Informasi yang semakin cepat ini, menjadi keharusan pendidikan vokasi untuk selalu mengikuti perkembangan.

“Tenaga-tenaga vokasi saat ini sangat dibutuhkan, seperti accounting, marketing dan computer science. Bahkan Bapak Presiden juga telah memberikan arahan agar tidak hanya jadi vokasi biasa-biasa saja, tapi vokasi yang harus disesuaikan dengan peradaban saat ini yang sudah IT semua,” jelas Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar ketika memberikan sambutan di Rapat Senan Terbuka dalam rangka Wisuda Diploma-III angkatan ke-VIII Politeknik Kediri di Gedung Insumo Kediri Convention Center (IKCC), Kamis (20/9).

Wali Kota yang akrab disapa Mas Abu berharap, lulusan Politeknik Kediri dapat menjadi generasi yang tahan banting, memiliki mental baja karena sekarang sudah dihadapkan dengan peradaan discruption. Hampir semuanya pakai IT bahkan di sistem-sistem pemerintahan saat ini juga terus didorong oleh Presiden untuk menggunakan IT.

“Saya berharap terus gali ide-ide yang cemerlang. Belajar terus, jangan ikuti orang-orang yang ada di tik- tok, jangan jadi generasi yang lebay. Kita boleh tinggal di kota kecil,tapi akses ilmu akses internet diseluruh dunia itu sama jadi jangan pernah berhenti untuk belajar,”harapnya.

Pada wisuda ini, meluluskan 273 wisudawan-wisudawati dari tiga program studi yakni program teknik informatika, perawatan dan perbaikan mesin serta akuntansi telah resmi menyandang gelar Diploma-III.  Dalam kesempatan itu, Walikota muda 38 tahun ini juga memberikan penghargaan kepada 3 lulusan terbaik dari masing-masing program studi Politeknik Kediri. Mereka adalah Fildza Tri Aristani dari program studi teknik informatika dengan IPK 3,99, Agus Setyono dari program studi perawatan dan perbaikan mesin dengan IPK 3,90 dan Elda Devi Oktavia dari program studi akuntansi dengan IPK 3,86.

“Terimakasih Politeknik Kediri telah mengantarkan anak didik kita semua sampai dengan diwisuda hari ini. Saya yakin kedepan mudahan-mudahan para lulusannya akan menjadi orang-orang yang bermanfaat,”ujarnya.

Nampak pada Rapat Senat kali ini dihadiri oleh Kepala Subdirektorat Pengembangan Perguruan Tinggi Kemenristek Dikti  Endang Taryono, Direktur Polinema Awan Setiawan, Kepala Dinas Pendidikan Siswanto, perwakilan Kodim 0809 Kediri, Polres Kediri Kota dan Kejaksaan Negeri Kota Kediri.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya