Penderita TBC di Kota Malang Meningkat

Share this :
Malang,Koranmemo.com – Penderita Tuberculosis (TBC) di Kota Malang meningkat. Dari data bulan Januari  Maret 2017  saja , sudah mencapai 442 kasus, sementara di tahun 2015 tercatat 1.123 dan 2016 tercatat 1.852 kasus..
Husnul Muarif Kepala bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menuturkan, terkait dengan kasus TBC Pihak Dinkes terus melakukan pendataan secara intensif dan penjaringan agar kasus TBC tidak makin menyebar.
Lanjut Husnul Muarif, untuk penjaringan pasif pasien langsung mendatangi unit pelayanan. Sementara penjaringan aktif  Dinkes menerjunkan Kader-kadernya di setiap RW yang  bertugas memantau bila muncul gejala TBC  untuk segera dilaporkan dan ditangani.
Sementara  untuk biaya pengobatan bagi penderita TBC gratis dan pengobatan bagi penderita harus kontinyu selama enam bulan tanpa berhenti agar penderita tidak terjadi drop out, bila pengobatan tidak berkala sampai terputus penderita harus mengulangi pengobatan dari awal lagi selama enam bulan.
Dari Berbagai Sumber
Editor : Bambang Iswahyoedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.