Pendaftaran CPNS Dibuka, Blangko SKCK Ludes

Kediri, koranmemo.com Pada saat momen tertentu, blangko Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di pelayanan SKCK Satuan Intelejen dan Keamanan (Satintelkam) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kediri langsung ludes saat jam pelayanan, Rabu (19/9). Karena jumlah pemohon SKCK yang melonjak, dan tidak sesuai dengan jumlah blangko yang disediakan. Namun data yang sudah lengkap akan langsung diproses, dan SKCK dapat diambil keesokan hari.

Lonjakan pemohon SKCK ini dikarenakan adanya pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kota Kediri. SKCK menjadi salah satu syarat peserta untuk dapat mendaftar sebagai CPNS.Menurut Bripda Della Mahardika A.S, BA SKCK Polresta Kediri, jumlah pemohon mulai melonjak sejak hari Senin, data pemohon yang masuk dan diproses sebanyak 89 orang. Namun jumlah ini sedikit berkurang, rata – rata selama satu hari memproses data pemohon SKCK baru hingga 50 orang. Jumlah ini masih belum termasuk pemohon perpanjangan masa berlaku SKCK dan terkadang blangko langsung habis sebelum jam pelayanan berakhir.

“Untuk pembuatan SKCK sebagai syarat mendaftar CPNS dan melamar pekerjaan di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), TNI, dan Polri harus ke pelayanan SKCK Satintelkam Polresta Kediri. Setiap perusahaan juga memiliki syarat yang berbeda, ada juga perusahaan swasta cukup dengan SKCK dari Kepolisian Sektor (Polsek) setempat,” jelasnya, Rabu (19/9).

Ditambahkan, momen seperti ini petugas merasa kewalahan, karena jumlah tenaga pelayanan yang kurang memadai. Kondisi ini juga terjadi saat pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg). “Seperti bulan Juli lalu, kami membuat 1.045 lembar SKCK untuk bacaleg. Mungkin jika ada tenaga pelayanan yang membantu saat momen seperti ini, akan lebih cepat selesai,” imbuhnya.

Meskipun jumlah blangko terbatas, namun proses pembuatan SKCK terus dilakukan sampai jam pelayanan berakhir. Proses ini untuk memasukkan data dan membuat form untuk diteliti oleh pemohon sehingga tidak ada kekeliruan data saat dicetak. Untuk pemohon SKCK yang masih diproses, dapat diambil keesokan harinya.

Sementara itu, Karima Nuryansinta (22), salah satu pemohon SKCK mengatakan, tidak merasa keberatan meskipun harus kembali lagi. Karena jumlah pemohon memang bertambah dibandingkan dengan hari biasa. “Sebelumnya memang pernah mengurus SKCK dan tidak terlalu banyak pemohon lain. Namun karena memang saat ini dibuka pendaftaran CPNS sehingga banyak yang datang,” tandasnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu