Pencuri Tepergok Pemilik Rumah

Share this :

Kediri, koranmemo.com –  Niat Agung Triono (20) warga Desa Kawedusan Kecamatan Plosoklaten untuk melakukan pencurian berakhir di penjara. Dia diamankan warga saat tepergok hendak melakukan pencurian di rumah Sudarmaji (50) warga setempat, Selasa (20/11). Kini Agung harus mendekam di balik jeruji besi Polsek Plosoklaten untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Informasi yang dihimpun aksi pencurian ini dilakukan Agung pada pukul 18. 30 WIB. Pada saat itu rumah Sudarmaji dalam keadaan kosong dan tidak ada orang yang menjaga. Sore tersebut korban sedang keluar rumah untuk mengikuti pengajian di rumah tetangganya. “Korban meninggalkan rumah sekitar pukul 18.00 WIB dan mengunci seluruh pintu rumah. Kurang lebih selama 45 menit korban meninggalkan rumah,” ungkap Kasubbag Humas Polres Kediri AKP Bowo Wicaksono saat dikonfirmasi.

Sekitar pukul 18.40 WIB acara pengajian yang diikuti Sudarmaji selesai dilaksanakan. Korban kemudian pulang  dan mengetahui jika di dalam rumahnya ada orang. Menduga jika orang tersebut adalah seorang pencuri, Sudarmaji meminta bantuan warga.

Wargapun berusaha melakukan penggerebekan di lokasi kejadian, namun sayang Agung berhasil melarikan diri terlebih dahulu. Meski berhasil melarikan diri bukan berarti Agung lolos dari kejaran warga. Beberapa warga mengenali peluku dan langsung mendatangi rumah Agung.

Agungpun tak dapat berkutik saat warga mengamankannya. Tersangka kemudian dibawa ke Polsek Plosoklaten untuk proses hukum lebih lanjut. Dari penangkapan Agung petugas mengamankan dua buah besi potongan teralis jendela. Selain itu petugas juga mengamankan satu buah gergaji besi sebagai barang bukti.

AKP Bowo menambahkan dalam melakukan aksinya pelaku masuk dengan cara memotong teralis besi jendela. Pelaku menggunakan gergaji besi yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Atas perbuatannya Agung dijerat dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara. (ram)