Pemkot Maksimalkan Anggaran Untuk Program Pembangunan

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Meski memiliki wilayah yang kecil dan masih dalam kategori berkembang, Pemerintah Kota Kediri terus berupaya agar wilayahnya dapat terus maju dan berkembang. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan anggaran pada pembangunan daerah. Dengan berfokus pada program yang menyentuh langsung kepada masyarakat, kota ini diyakini akan semakin maju dan berkembang seperti kota besar di Jawa Timur.

Salah satu contoh kemajuan ditunjukkan pada peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Dalam penghargaan yang diberikan pada Rabu (6/2) tersebut Kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri meningkat dari B menjadi BB.

Bukannya tanpa alasan, ini dikarenakan baiknya serapan anggaran pada program-program yang langsung dirasakan oleh masyarakat. “Salah satu alasan lain karena prosentase belanja pegawai pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar 34,21 persen kondisi ini lebih baik dari kondisi ideal yakni sebesar 40 persen,” jelas Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Pemerintah Kota Kediri, Apip Permana.

Sisanya anggaran Pemkot Kediri diserap pada program pembangunan, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. “Anggaran ini disalurkan seperti pada pembangunan infrastruktur, taman, jembatan, saluran air, dan pengaspalan jalan. Selain itu pada program pendidikan ada beasiswa pendidikan, seragam gratis, dan subsidi pendidikan SMA sederajat,” ujarnya.

Tahun 2020 nanti warga juga akan menikmati program unggulan yang sudah diperbaharui, yakni Prodamas Plus. Program ini mengalami peningkatan dari awalnya Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta dengam melibupti 6 bindag, yaitu Ekonomi, Sosial, Insfrastruktur, Kesehatan, Pendidikan, dan Kepemudaan.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date