Pemkot Kekurangan Sekitar 1500 Pegawai

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Pemerintah Kota Blitar kekurangan 1500 pegawai. Hal ini terjadi setelah beberapa waktu yang lalu Pemkot Blitar melepas ribuan pegawainya, seiring dilaksanakannnya peralihan kewenangan dari Pemkot Blitar ke pemerintah pusat maupun ke pemerintah provinsi. Dari informasi yang diketahui banyaknya pegawai yang diambil alih pusat ataupun provinsi diantaranya para guru setingkat SMA, pegawai di terminal, pejabat fungsional pertanian dan lain-lain.

“Saat ini kami mengaku bahwa sudah melakukan perhitungan formasi kebutuhan pegawai, melalui e-Formasi. Adapun data base terpusat di Menpan RI. Adapun total pegawai di Kota Blitar saat ini sekitar 3000, sementara kebutuhan mencapai 4500 pegawai,” ujar Subandi, S.Pd., S.Sos Kepala Bidang Mutasi, Profesi Dan Pengembangan Kompetensi BKD Kota Blitar.

Menurutnya saat ini Pemerintah Kota Blitar diketahui mengalami kekurangan sekitar 1.500 pegawai. Kekurangan merata di seluruh OPD di lingkup Pemkot Blitar, bahkan ada bidang yang tidak memiliki tenaga pelaksana (staf).

“Kita ketahui dari tahun ke tahun banyak pegawai yang memasuki masa purna tugas. Sementara pemerintah masih memberlakukan moratorium, sehingga tidak ada penambahan pegawai,” imbuhnya.

Selain itu menurut Subandi, kekurangan pegawai itu sudah pasti mengganggu kinerja. Tapi BKD mencoba untuk mengoptimalkan tenaga yang ada. “Saat ini kami berharap, pemerintah pusat mencabut moratorium PNS agar kelowongan PNS bisa terpenuhi,” terangnya.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.