Pemkot Kediri Kampanyekan Gemarikan di Sekolah

Share this :

Peringatan Hari Pangan Dunia

Kediri, koranmemo.com – Peringatan hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober dimanfaatkan Pemerintah Kota Kediri untuk mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di SDN Pojok I dan II serta SLB Bina Pemuda Tamanan Kota Kediri, Selasa (16/10). Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Kediri, Ferry Feronica Abu Bakar memaparkan manfaatkan mengkonsumsi ikan setiap hari.

Indonesia adalah negara maritim yang sebagain besar wilayahnya merupakan daerah perairan. Dengan demikian ikan merupakan salah satu komoditas makanan yang paling mudah dicari dan dikonsumsi oleh masyarakat.

Bunda Fey, sapaan akrabnya di sana menjelaskan ikan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi serta mengandung omega 3 yang baik untuk kecerdasan. Ikan baik dikonsumsi pada masa tumbuh kembang anak khususnya 1000 Hari Pertama Kehidupan(HPK) atau periode emas anak dibutuhkan makanan dengan kualitas dan kuantitas yang tepat dan seimbang.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri, Semeru Singgih mengatakan kegiatan ini sudah dilaksanakan beberapa kali baik di sekolah maupun langsung di lingkungan masyarakat. “Ini merupakan upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat melalui kegiatan Gemarikan. Karena dengan menkonsumsi ikan bisa mencerdaskan otak anak,” ujarnya.

Seperti di ketahui secara nasional Indonesia memiliki tingkat konsumsi ikan yang rendah dibanding negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Tercatat pada 2017 konsumsi ikan di Indonesia sebesar 43 kilogram per kapita. Capaian ini akan terus ditingkatkan melalui program Gemarikan yang sudah dilaksanakan oleh Pemkot Kediri.(adv/pemkotkediri/dia)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya