Pemkot Kediri Gelar Gerak Jalan Kreasi 2019, Diberangkatkan Plh Walikota Kediri

Kediri, Koranmemo.com – Dalam peringatan Hari Kartini, Pemerintah Kota Kediri menggelar Lomba Gerak Jalan Kreasi 2019, sabtu (27/04/2019). Lomba diikuti 38 peserta  terdiri dari dari TP PKK Kota Kediri, TP PKK Kecamatan, TP PKK Kelurahan, GOW Kota Kediri, dan perwakilan perhotelan di Kota Kediri.

Gerak jalan Kreasi 2019 yang mengambil start dan finish di Balai kota diberangkatkan Plh Walikota Kediri Budwi Sunu dengan Rute Jl.Basuki Rahmat  – Jl. Brawijaya – Jl. May.Jend Sungkono – Jl. Diponegoro – Balaikota Kediri. Setiap peserta menampilkan untuk performnya berupa yel yel disertai gerak unik dan kreatif.

Plh Walikota Kediri Budwi Sunu menuturkan lomba gerak jalan kreasi ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Kartini yang diisi dengan berbagai kreasi dari peserta. Selain itu juga untuk memasyarakatkan olah raga. “Saya senang sekali melihat semangat mereka. Tentunya kita juga berterima kasih kepada para peserta atas antusiasnya yang sungguh luar biasa,” tuturnya.

Menurut Budwi Sunu, peringatan Hari Kartini merupakan titik balik dari perjuangan R.A Kartini. Dimana R.A Kartini memperjuangkan persamaan hak kaum wanita. “Kita semua harus bersyukur dengan adanya peringatan Hari Kartini. Bahkan sekarang wanita bisa menempati beberapa jabatan strategis baik di Pemerintah, TNI, Polri, maupun swasta. Ini semua yang patut kita syukuri,” jelasnya.

Lebih lanjut Budwi Sunu menjelaskan perjuangan kartini masa kini sangat berbeda, tentunya semangatnya pun juga berbeda. “Kartini dulu tidak bisa bebas menyampaikan pendapatnya dan tidak bisa mengekspresikan keinginannya. Dan itu kehebatan Kartini bisa mendobrak itu. Tentunya wanita sekarang harus bisa meneladani dan meneruskan perjuangan Kartini,” pungkasnya.

Nina salah satu peserta Gerak Jalan Kreasi dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kediri mengaku bangga dan senang bisa berpartisipasi. “Kita sangat bangga sekali bisa mengikuti gerak jalan kreasi peringatan Hari Kartini. Semua berjalan sukses dan lancar. Semoga kita bisa menjadi juara,” katanya.

Penilaian pemenang dalam lomba ini dinilai dari beberapa aspek. Diantaranya, kreativitas, semangat dan ekspresi, kekompakan dan ketahanan fisik, serta keunikan kostum dan Keluar sebagai juara I Dinas Pendidikan tingkat TK, juara II Dinas Pendidikan tingkat SD, juara III Dinas Pendidikan tingkat SD, juara harapan I Perwosi, juara harapan II DWP Kota Kediri, dan juara harapan III Kelurahan Banjarmlati.

Sementara untuk kategori regu favorit diraih oleh Kelurahan Singonegaran, kategori kostum terunik diraih Hotel Lotus Garden, kategori istimewa tertua diraih Piveri, kategori istimewa tradisional diraih Wanita Khatolik dan kategori istimewa budaya diraih FKPUB. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DWP Kota Kediri Nekky Rahmiyati Budwi Sunu, perwakilan Forkopimda Kota Kediri, perwakilan TP.PKK Kota Kediri, dan para OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kediri.(Adv)

Editor Bambang Iswahyoedhi

Follow Untuk Berita Up to Date