Pemkot Dorong Adanya TPS Regional Di Kediri

Share this :

Kediri, koranmemo.com –┬áPersampahan menjadi persoalan yang cukup serius di pemerintah daerah, terutama daerah perkotaan yang memiliki keterbatasan lahan untuk membangun TPA. Untuk itu pemerintah kota mendorong agar ada Tempat Pembuangan Akhir sampah (TPA) regional di Kediri.

Kepala DLHKP Kota Kediri Didik Catur mengatakan, pihaknya cukup lama mengajukan TPA regional ini. Karena banyak faktor yang mendorong agar TPA regional ini ada di Kabupaten Kediri. Dia mengaku sudah melakukan koordinasi dengan DLHKP Kabupaten Kediri terkait persoalan tersebut.

“Pekan lalu ada rapat bersama tim dari Pemprov Jatim untuk melakukan persiapan Feasibility Study atau Uji Kelayakan,” ungkap Didik.

Dalam rapat terbatas dengan pemprakarsa FS Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Cipta Karya Pemprov Jatim serta dihadiri instansi terkait seperti Balai pemukiman wilayah, Bakorwil dan Satker terkait di lingkungan pemerintah Kota dan Kabupaten Kediri melakukan sosialisasi dan meminta masukan dari masyarakat tentang rencana keberadaan TPA Regional ini.

“Dari beberapa tempat yang diusulkan , kelihatanya mengerucut di desa Mojo atau desa sukoanyar kecamatan Mojo kabupaten Kediri, dan setelah saya koordinasi dengan pihak kabupaten kelihatannya juga tidak ada penolakan,” terangnya.

Menurutnya, TPA Regional ini nantinya digunakan untuk pembuangan dan pengelolaan sampah dari wilayah kabupaten dan kota Kediri. Didik menyarankan agar sistim di TPA Regional itu nantinya ada pengolahan sampah organik menjadi kompos dan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Harapannya bisa bermanfaat bagi masyrakat sekitar,” ungkapnya. (Adv/DLHKP Kota Kediri)

Reporter Nuramid Hasyim
Editor Achmad Saichu