Pemkot Blitar Jalin Kerjasama dengan Indomarco

Blitar, Koranmemo.com – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota (pemkot) Blitar untuk memberdayakan para pelaku usaha di Kota Blitar. Salah satunya dengan menggandeng perusahaa yang sudah malang melintang dan punya jaringan luas.

Hal itu diwujudkan dengan melakukan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Indomarco. Bentuk kerjasama ini teknisnya antara Indomarco bersedia untuk menampung produk-produk lokal asal Kota Blitar untuk dikenalkan dan ditampung di gerai di seluruh Indonesia.

“Ini terobosan Pemkot Blitar dalam rangka memberdayakan para pelaku usaha lokal di Kota Blitar. Harapannya dengan kerjasama ini pengusaha lokal semakin berdaya dan bisa eksis,” kata Plt Wali Kota Blitar Santoso.

Penandatanganan kerjasama dilakukan Pemkot Blitar melalui Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Blitar. Momen bersejarah itu dilakukan pada pembukaan Blitar Expo bertajuk Blitar Investment, Tourism and Trade (Blittra) di Gedung Kesenian pada Kamis (21/11).

Dijelaskan Santoso bahwanya dengan adanya kerjasama setidaknya menjadi langkah anyar bagi pelaku usaha bisa tembus ke pasar regional dan nasional. “Harapannya ini bukan yang pertama tetapi berlanjut terus. Pemkot akan terus berinovasi dengan mengenalkan potensi-potensi yang ada di Kota Blitar. Mulai kerajinan, makanan hingga pariwisata, “tambah Santoso.

Saat ini dibutuhkan terobosan dengan harapan agar pelaku usaha mampu bersaing dengan produk-produk lain. Harapannya ketika sudah ada kerjasama pelaku usaha tidak lengah. Artinya ketika produk sudah ditampilkan atau dipasarkan kualitasnya menurun.

Padahal soal kualitas menduduki peringkat pertama. Banyak produk-produk yang harus ditinggalkan konsumen hanya karena kualitasnya lambat laun menurun. “Jangan sampai terjadi pokoknya. Kualitas produk harus ditingkatkan dan dipertahankan, “harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Blitar, Suharyono mengatakan nota kesepahaman dengan Indomarco merupakan salah satu wujud untuk menggaet investor. “Kami tidak akan lelah untuk mengundang investor lokal atau nasional agar bisa menanamkan modal dan bisa diajak kerjasama. Demi mendongkrak perekonomian dan mensejahterakan pelaku usaha kecil atau menengah. Sekaligus memberdayakan pengusaha lokal. (advertorial bagian humas dan protokol kota blitar)

Reporter Abdul Aziz Wahyudi
Editor Achmad Saichu