Pemkot Batu Bakal Punya Car’s Cable

Share this :

Batu, koranmemo.com – Pemerintah Kota Batu wacanakan miliki transportasi modern yakni Cable Car guna mengurangi kemancetan setiap akhir pekan atau musim liburan. Karena setiap akhir pekan, hampir semua jalan di Kota Batu selalu dipenuhi wisatawan yang setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Pemerintah Kota Batu melalui Among Tani Foundation (ATF) berharap dengan rencana dibangunnya trasportasi modern cable car ini bisa menjadi alternatif  bagi pengguna jalan atau wisatawan yang datang ke Kota Batu. Selain itu Pemkot Batu melalui ATF gencar menginginkan adanya trasportasi yang bisa mengurai kemancetan.

Seperti yang dilakukan Pemkot Batu, dengan menggelar cable car’s gathering, Senin (09/09) di Graha Pancasila Pemkot Batu,yang dihadiri oleh ratusan masyarakat yang mewakili warga Kota Batu.

Walikota Batu Dewanti Rumpoko saat menghadiri acara tersebut juga menyampaikan apresiasi serta dukungan penuh selaku regulator.
” Pembangunan proyek cable car tersebut  agar dapat segera temujud di Kota Wisata Batu, dengan ini kami mengimbau kepada masyarakat Kota wisata Batu agar berperan aktif dan bekerja bersama merencanalan wacana cable car dengan memberikan kemudahan akses dan informasi yang dibutuhkan, ” ungkapnya, Senin (09/09).

Proyek ini ditargetkan akan terwujud pada akhir tahun 2020 dengan investasi lebih dari Rp 300 miliar yang akan melibatkan peran serta seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kota wisata Batu pada khususnya serta Provinsi Jawa Tmur dan skala nasional pada umumnya.
Tahap awal pembangunan proyek cable car akan menempuh jarak 4,5 kilometer melalui 3 4 stasiun, dimana setiap stasiun akan dibangun dengan konsep one stop servies yaitu pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui penyediaan produk UMKM lokal yang berkualitas dan berdaya saing tinggi sekaligus menikmati keindahan panorama Wisata udara yang indah di Kota Wisata Batu yang diapit oleh gunung Arjuno dan bukit Panderman.

” Tujuan dibangunnya proyek cable car ini adalah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Wisata Batu serta pertumbuhan periwisata serta sinergi penyelarasan mode transportasi yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi mra nasional,” imbuhnya.
Pada kesempatan terpisah, CEO ATF Ganisa Pratiwi optimis dengan melihat antusias masyarakat yang hadir pada acara Gathering ini bahwa proyek cable car akan memberikan nilai manfaat bagi masyarakat Kota Wisata Batu dan para pemangku kepentingan secara nasional.

“Warga menjadi pemilik di rumah sendiri dengan guyub dan gotong royong yang mana karakter budaya petani yaitu karakter masyarakat Kota Batu.” ujar Ganis.
Perlu diketahui jika proyek cable car’s ini akan menjadi pilot project pertama kali di Indonesia yang beroperasional dalam kota seperti di negara besar dunia.

Reporter Arief juli prabowo
Editor Achmad Saichu