Pemkab Kediri Kembali Salurkan Bantuan Jaslut kepada 3.484 KPM

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Pemkab Kediri melalui Dinas Sosial (Dinsos) kembali menyalurkan bantuan Jaminan Sosial Lanjut Usia lanjut (Jaslut). Pada tahap ketiga ini, total penerima bansos Jaslut dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebanyak 3.484 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Proses penyaluran dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) karena Pandemi Covid 19. Petugas dan masyarakat penerima berada pada jarak aman atau physical distancing. Seperti yang berlangsung di empat wilayah kecamatan, masing-masing Kecamatan Plemahan, Kunjang, Purwoasri dan Papar.

Untuk wilayah Kecamatan Plemahan berlangsung di Balai Desa Plemahan. Sedangkan di Kecamatan Kunjang, penyaluran dilakukan di Pendopo Kecamatan Kunjang, Kecamatan Purwoasri di Balai Desa Bulu dan untuk Kecamatan Papar berlangsung di Balai Desa Pehwetan. Petugas menyalurkan bantuan uang tunai Rp 500 ribu yang diberikan kepada KPM PKH plus.

Suharsono Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri melalui Didik Suasana Prabawa PLt Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kediri mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Plemahan 222 KPM, Kecamatan Kunjang 67 KMP, Kecamatan Purwoasri 152 KPM, dan Kecamatan Papar 142 KPM. Pada tahap ketiga ini jumlah penerima sebanyak 3.484 KPM yang tersebar pada 26 wilayah kecamatan.

“Jaslut merupakan program kolaborasi Pemerintah Pusat, Provinsi Jatim dan Pemerintah Kabupaten Kediri. Sementara itu, setiap penerima manfaat mendapatkan jatah bantuan sebesar Rp 2 juta, yang diterimakan dalam empat kali bayar. Sehingga setiap kali penyaluran senilai Rp 500 ribu untuk tiap KPM,” jelasnya.

Melalui bansos Jaslut ini, Dinsos Kabupaten Kediri berharap dapat meringankan beban perekonomian masyarakat, khususnya di tengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Sementara itu, penyaluran di empat wilayah kecamatan bagian utara Kabupaten Kediri ini menutup rangkaian distribusi Jaslut untuk tahap ketiga di Tahun 2020. (ADV)

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu