Pemkab Blitar Salurkan Tuan Rasidi kepada 23.276 KPM

Blitar, koranmemo.comPada minggu ke tiga Februari ini, Pemerintah Kabupaten Blitar akan menyalurkan Bantuan Beras Bersubsidi (Tuan Rasidi) untuk 23.276 keluarga penerimaan manfaat (KPM) di 22 Kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar. Setiap KPM akan mendapatkan bantuan 20 kg untuk semester awal tahun ini.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto, MSi dalam Sosialisasi Penyaluran Beras Bersubsidi dalam Program Percepatan dan Perluasan Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Jawa Timur tahun 2018 di Kabupaten Blitar di Pendopo Sasana Adi Praja Kecamatan Kanigoro, kabupaten Blitar, Kamis (15/02) mengatakan, bantuan ini diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Blitar.

Dijelaskan, angka kemiskinan di Kabupaten Blitar sejak dua tahun terakhir mengalami penurunan, bahkan lebih rendah dibandingkan dengan angka kemiskinan pemerintah pusat dan Jawa Timur. Angka kemiskinan di Indonesia mencapai 11 persen, sedangkan Jawa Timur 10 persen, namun untuk Kabupaten Blitar 9,08 persen.

“Kalau sebelumnya ada di angka 9.88 persen sejak dua tahun lalu terus turun menjadi 9.08 persen, semakin sedikit semakin sulit, sebingga pemerintah daerah terus berupaya menekan angka kemiskinan,” ungkapnya di Pendopo Sasana Adi Praja Kecamatan Kanigoro, kabupaten Blitar, Kamis (15/02).

Bahkan, Tuan Rasidi ini juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Bila sebelumnya setiap KPM hanya mendapatkan 10 kg, kini menjadi 20 kg. Untuk harga setiap satu kilogram Tuan Rasidi hanya Rp 1.600,-. “Uang Rp 32 ribu sudah dapat beras 20 kilogram beras, tentunya ini sangat murah,” tegasnya.

Lanjutnya, Tuan Rasidi memiliki kualitas yang baik, yakni Premium plus-plus dari Bulog. Tuan Rasidi memiliki warna yang putih, tidak kalah bahkan lebih baik dengan beras yang dijual di pasaran. Sedangkan untuk penyaluran Tuan Rasidi ini melalui Dinas Sosial Kabupaten Blitar.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Romelan, SPd Msi mengatakan, ¬†untuk penyaluran Tuan Rasidi dikoordinir oleh pihak desa masing-masing. Sedangkan untuk pendamping ada dari Tagana dan TKSK di Kabupaten Blitar. “Penyaluranya dari Bulog langsung ke desa dan kelurahan yang warganya mendapatkan bantuan,” tegas Romelan.

Untuk warga yang mendapatkan, ini sudah didata oleh Kementerian Sosial, sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar hanya sebagai penyalur, bukan pendata penerima Tuan Rasidi.

Dalam Sosialisasi Penyaluran Beras Bersubsidi dalam Program Percepatan dan Perluasan Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Jawa Timur tahun 2018 juga dihadiri oleh perwakilan Bulog Sub Div Tulungagung, Faizal Abdul Aziz,  Kepala UPT (Panti Sosial Bina Remaja) PSBR, Koswadi, Camat dan kepala desa serta lurah yang warganya mendapatkan, serta Tagana yang akan mendampingi dalam penyaluran nanti.(adv/hms/MRobby/AriefJP)

Reporter: M Robby/Arief JP

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.