Pemetaan TPS, KPU Cari Lokasi Netral

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Pascapenambahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri memetakan lokasi TPS. Selain mempertimbangkan letak geografis, KPU juga memetakan TPS sehingga berada di lokasi yang netral.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Eka Wisnu Wardhana menjelaskan, karena ada peraturan baru dari KPU Republik Indonesia (RI) mengenai Batasan jumlah pemilih yang ada di TPS, maka KPU Kabupaten Kediri menambah 701 TPS. “Karena, tiap TPS hanya boleh untuk 500 pemilih yang sebelumnya 800 pemilih,” jelasnya, Minggu (28/6).

Perlu diketahui, jumlah awal TPS yang ada di Kabupaten Kediri sebanyak 2.610 dan kini menjadi 3.311. Wisnu mengatakan, hal yang perlu diperhatikan tentang penambahan TPS selain letak geografis, lokasi TPS harus benar-benar netral. “Maksudnya, tidak berada di wilayah yang berada di sekitar tempat tinggal pasangan calon misalnya atau dekat dengan lokasi partai politik (parpol),” ujarnya.

Sebelumnya, kata Wisnu, KPU juga memperhatikan jumlah pemilih yang berada di satu daerah mulai tingkat kecamatan hingga desa. KPU harus memastikan letak geografis dan keterjangkauan sehingga memudahkan masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya.

Dengan melakukan pemetaan TPS, lanjutnya, diharapkan KPU mempermudah petugas yang berada di lapangan nantinya, seperti anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Ini dilakukan supaya petugas di lapangan dapat mendesain TPS. Namun yang terpenting adalah mampu mengakomodir calon pemilih tanpa mengorbankan protokol kesehatan, salah satunya yaitu social dan physical distancing. Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu TPS mudah dijangkau,” katanya.

Berdasarkan data pemetaan TPS di Kabupaten Kediri, dari 26 kecamatan ada 4 kecamatan yang jumlah TPS tidak sampai 100 yaitu Kecamatan Pagu ada 77 TPS, Gampengrejo 68, Grogol 95, dan Kunjang 78 TPS.

Untuk kecamatan dengan jumlah TPS tertinggi yaitu Kecamatan Pare sebanyak 208 TPS, Wates 193, Kepung 181, dan Mojo 177. Sementara untuk kecamatan lainnya, jumlah TPS berkisar antara 103 TPS sampai 154 TPS.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Della Cahaya