Pembayaran Nontunai, Penunjang Kebutuhan Gaya Hidup Millenial

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Untuk menunjang gaya hidup masyarakat millenial seperti saat ini, alat pembayaran yang digunakan bukan lagi hanya bersifar fisik. Jika dulunya masyarakat harus repot-repot mengantongi dompet tebal untuk membawa nominal tunai, kini hal itu sudah bisa diatasi dengan hanya membawa satu-dua kartu untuk pembayaran nontunai berbasis kartu atau hanya dengan mengandalkan aplikasi pembayaran non tunai yang bisa diunduh dalam ponsel.

Priatna Utama, Analis Fungsi Pengembangan dan Pelaksanaan UMKM Bank Indonesia Perwakilan Kediri mengatakan, pembayaran dengan cara elektronik atau nontunai kini telah menjadi pilihan yang mulai banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Perkembangan pesat dan eksistensi gawai, serta canggihnya layanan infrastruktur telekomunikasi semakin mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi secara non tunai. Berbagai faktor menjadi alasan mengapa kini uang tunai semakin eksis di kalangan masyarakat, salah satunya dikarenakan oleh pembayaran tunai yang dirasa sudah tidak efisien lagi untuk menunjang gaya hidup masyarakat millenial.

“Kecepatan dalam proses transaksi nontunai adalah salah satu perbedaan yang paling mencolok jika dibandingkan dengan pembayaran menggunakan uang kartal,” ujarnya dalam acara Workshop dan Lomba Menulis Berita Online koranmemo.com, Rabu (8/8).

Priatna menambahkan, banyak sekali manfaat bila menggunakan pembayaran secara non tunai. Contohnya, pembayaran nontunai dirasa cenderung aman dibanding pembayaran secara tunai. Kasus tentang kehilangan uang dari pembayaran non tunai juga lebih mudah untuk dilacak sehingga lebih cepat diatasi.

“Ucapkan selamat tinggal untuk kembalian permen, karena pembayaran nontunai sangat tepat serta teliti hingga nominal terakhir. Selain itu, persentase modus uang palsu yang telah lama meresahkan masyarakat juga dapat diminimalisir dengan adanya pembayaran nontunai. Bank Indonesia juga mengimbau kepada masyarakat sejak beberapa tahun silam dalam penggunaan transaksi nontunai, karena lebih efisien, praktis, serta aman,” tegasnya.

Perlu diketahui, pembayaran non tunai menawarkan banyak pilihan. Mulai dari pembayaran nontunai berbasis kartu elektronik, kartu kredit, kartu debit, e-money, cek, bilyet giro, nota debet, nota kredit, nota pemindahbukuan, dan kuitansi transfer atau wesel. Selain itu, pembayaran non tunai juga menawarkan banyak promo, potongan, maupun voucher yang dapat digunakan di maskapai, mall, dan tempat-tempat lainnya.

Reporter : Vidra Revy ( MAN 1 Kota Kediri)

Editor : Della Cahaya Praditasari