Pemalsu Dokumen Diringkus Polisi

Sidoarjo, koranmemo.com Bagus Susilo Putro (36) warga jalan Bima Desa Kebonsari Kecamatan Candi Sidoarjo, ditangkap Satreskrim Polresta Sidoarjo lantaran memalsu dokumen diantaranya, Siup, STNK, SIM, KTP Kartu Keluarga dan Ijazah.

Modus tersangka pertama membuat Surat Ijin Usaha Perusahaan (SIUP) UD Citra Bagus Teknik dengan alamat Lingkungaan Semate Kel. Abianbase Kecamatan Mengwi, Badung atas nama Bagus Susilo, untuk mendapatkan kredit rumah di Perum Safira Garden Laster Royal yang saat ini ditempati oleh tersangka.

Setelah usaha memalsukan dukumen untuk dirinya sendiri berhasil, tersangka ahkirnya membuat dokumen palsu atas pemesanan, pekerjaan memalsukan dokumen inipun sudah berjalan selama satu tahun.

“Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, Satreskrim Polresta Sidoarjo berhasil mengamankan satu tersangka pembuat dokumen palsu,” kata Kombespol Himawan Bayu Aji kepada wartawan di Mapolresta Sidoarjo, Selasa, (20/06).

Tersangka pertama kali memalsukan surat izin usaha perusahaan untuk mendapatkan kredit perumahan, setelah berhasil tersangka memalsukan dokumen berdasarkan pemesanan.

Dikatakan, tersangka memalsukan dokumen dengan menggunakan bahan baku dari kertas film, selain itu, tersangka juga browsing di internet untuk melihat logo-logo untuk memalsukan dokumen.

Kombespol Himawan Bayu Aji menambahkan menurut pengakuan tersangka pekerjaan memalsukan dokumen ini sudah dijalani selama satu tahun, serta akan dikembangkan untuk tersangka lain.

“Menurut pengakuan tersangka, memalsukan dokumen ini dijalani baru satu tahun, dan akan dikembangkan tersangka lain, tersangka akan di jerat dengan pasal 263 ayat 1 KUHP tentang pemalsuan dokumen dengan ancaman penjara maksimal enam tahun.”

Reporter : Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.