Pemain berdarah Indonesia yang pernah Tampil di Piala Dunia

Rusia, koranmemo.com-Kesempatan Indonesia mengulangi sejarah ikut di Piala Dunia 1938 masih jadi mimpi. Namun kita masih bisa merasa bangga, beberapa pemain berdarah Indonesia telah mengikuti perhelata  Piala Dunia. Siapa saja mereka?

1. Massimo Luongo

Gelandang keturunan Indonesia, Massimo Luongo, berpeluang tampil di Piala Dunia 2018 karena masuk dalam daftar skuat Timnas Australia yang dibawa ke Rusia.

Ibunya  asal Indonesia menikah dengan ayahnya yang berdarah Italia bernama Mario Luongo. Pemilik nama lengkap Massimo Corey Luongo itu lahir di Sydney, pada 25 September 1992.

Piala Dunia 2018 merupakan untuk yang kedua Massimo Luongo. Tetapi , pada Piala Dunia di Brazil, pemain berposisi gelandang ini tak mendapatkan kesempatan bermain.

2. Marco Basten

Nama Pemain satu ini memang tidak familar di kalangan pecinta bola. Namun  di Piala Dunia 2006, sosok Danny Landzaat yang punya ibu berdarah Maluku dan ayah warga negara Belanda juga menjadi bagian penting timnas Belanda.

 Landzaat pernah memperkuat Feyenoord, AZ Alkmaar, dan pernah merumput di Inggris bersama Wigan Athletic.

3. Nigel de Jong

Dalam darah gelandang yang mempunyai wajah tanpa senyum ini, ternyata juga mengalir  darah dari Sang Ibu yang berasal dari Ambon. De Jong  membawa Italia menjadi runner-up di Piala Dunia 2010 dan juara tiga di  2014.  Dia tercatat juga sukses bermain di klub Ajax,  Manchester City, dan AC Milan.

4. John Heitinga

Pemain yang berposisi sebagai bek  dan pernah membela Ajax Amsterdam, Atletico Madrid, dan Everton ini dua kali meramaikan piala dunia yakni tahun 2006 dan 2010.  Dia ternyata punya hubungan darah sangat dekat dengan Indonesia. Ayahnya lahir di jakarta, bahkan sang kakek berasal dari Pulau belitung.

5. Giovanni van Bronckhorst

Namun dari semua keturuan Indonesia yang tersukses sepanjang masa, mungkin pemain satu ini yang paling sukses. Dia tiga kali dia melakoni Piala Dunia, yakni tahun 1998, 2006 dan 2010.

Dalam darahnya mengalir darah Sang Ibu asli Saparua, Maluku. Dia pernah membela klub Feyenoord, Arsenal, dan Barcelona.

Dari berbagai sumber

Editor : Bambang Iswahyoedhi

Follow Untuk Berita Up to Date