Pele Malu Keluar Rumah karena Tidak Bisa Berjalan

Brasilia, koranmemo.com – Legenda sepak bola Brazil, Edson Arantes do Nascimento atau yang akrab di sapa Pele malu untuk pergi keluar rumah karena tidak mampu berjalan tanpa alat bantu. Kondisi ini terjadi akibat gangguan kesehatan yang dialaminya. Putranya, Edinho juga telah membenarkan kondisi Pele saat ini pada sebuah wawancara, Selasa (11/2).

Pele mengalami depresi yang cukup hebat akibat kondisinya saat ini. Dia menganggap aneh jika sosok yang menjadi panutan hampir seluruh pemain sepak bola malah tidak bisa berjalan dengan normal. “Bayangkan seorang sosok panutan dunia sepak bola, saat ini tidak mampu berjalan dengan normal. Hal itu membuat ayah saya sangat malu,” ujar Edinho dikutip dari Globoesporte.

Akhir-akhir ini kondisi kesehatan Pele semakin memburuk dan terpantau sering menjalani perawatan di rumah sakit. Diusianya yang sudah menginjak 79 tahun, dia harus berjuang melanjutkan hidup hanya dengan satu ginjal. Satu ginjalnya itu harus diambil ketika dia mengalami patah tulang rusuk dalam sebuah pertandingan.

Edinho mengatakan jika Pele tidak pernah pulih sepenuhnya setelah menjalani operasi pada pinggulnya. Meski begitu, Edinho juga mengatakan, saat ini kondisi Pele sudah semakin membaik daripada saat masih bergantung dengan kursi roda. Walaupun dia masih perlu mengatasi tekanan mentalnya untuk dapat berpergian lagi.

Sosok yang menjadi kebanggaan sepak bola Brazil ini merupakan satu-satunya pemain yang berhasil menjadi juara dunia sebanyak tiga kali. Pele berhasil membawa tim nasional (Timnas) Brazil menjadi juara dunia pada tahun 1958, 1962, dan 1970 dan dinobatkan oleh banyak orang di seluruh dunia sebagai pemain terbaik sepanjang massa.

Selama 21 tahun karirnya, Pele telah mencetak rekor dunia dengan menciptakan 1.281 gol dari 1.363 penampilannya, termasuk 77 gol selama penampilannya bersama Timnas Brazil. Torehan golnya bersama Timnas Brazil itu menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak untuk Brazil hingga saat ini.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date