Pelayanan SIM di Polres Lamongan Bernuansa Hari Pahlawan

Lamongan, koranmemo.com – Masih dalam suasana peringatan hari Pahlawan. Dengan nuansa pakaian ala pejuang tempo dulu, jajaran Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Lamongan berupaya optimal dalam melayani masyarakat pencari Surat Izin Mengemui (SIM).

Nampak suasana berbeda ketika memasuki ruang Satpas. Disana, petugas berdandan dan berpakaian ala pejuang tempo dulu. “Iya mas, dalam rangka hari pahlawan,” jelas Kasatlantas Polres Lamongan, AKP Danu Anindhito Kuncoro Putro, Senin (11/11).

Dikatakannya kembali jika dalam kegiatan tersebut rencananya akan diberlakukan selama tiga hari kedepan. Yang dimulai hari ini, Senin hingga Rabu petugas memakai pakaian perjuangan. “Tak hanya di ruang Satpas, lapangan praktek juga ada petugas berpakaian perjuangan,” jelasnya.

Hal tersebut tidak lain dalam rangka memperingati hari pahlawan. Meski begitu, dalam pelayananan tidak ada yang berbeda seperti hari sebelumnya. Begini urutannya, memasuki ruang pelayanan, pemohon sudah dilayani oleh petugas pelayanan sesuai pilihan jenis layanannya.

Setelah pemohon mendapatkan nomor antrean, selanjutnya menunggu pemanggilan menuju loket 3 hingga dilakukan registrasi sesuai data identitas pemohon. Setelah itu, pemohon berlanjut ke loket 5 untuk dilakukan identifikasi dan verifikasi khusus untuk perpanjangan SIM.

Sementara bagi pemohon baru berlanjut ke loket 6 untuk melakukan ujian teori. Sama halnya di ruang depan, di dalam pun nampak petugas juga berpakaian ala pejuang. Sedangkan, bagi pemohon yang dinyatakan lulus langsung diarahkan ke lapangan praktik.

Berbeda bagi mereka yang tidak lulus. Petugas memberi kesempatan beberapa pekan kemudian bagi pemohon untuk diharap kembali datang melakukan ujian ulang dengan dasar kitir yang dikeluarkan pihak Satpas Polres Lamongan. Terlebih ditekankan untuk tidak menggunakan jasa calo.

Apalagi, Polres Lamongan saat ini bertekad mempertahankan predikat Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Hal itu seperti ditegaskan, Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung, S.I.K.,M.H kepada jajaran beberapa waktu lalu.

Reporter Fariz Fahyu
Editor Irwan Maftuhin