Pelaku Pembobol Dua Ruko di Sidoarjo Tinggalkan Jejak dan Sempat BAB

Sidoarjo, koranmemo.com – Aksi pencurian terjadi pada dua ruko sekaligus, Senin (21/10/2019). Ruko yang menjadi korban pencurian itu adalah Apotik Zhafira Medika dan depot Bakso Aci Akang. Keduanya berdiri berjejer di kompleks ruko di Jalan Raya Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo.

Peristiwa ini awalnya diketahui oleh seorang pegawai Apotek bernama Anggi. Perempuan 25 tahun itu mengetahui saat masuk ke tempat kerjanya. Pagi itu dia melihat apotek sudah dalam keadaan acak-acakan.”Pas pertama masuk, membuka pintu, kondisinya sudah acak-acakan,” katanya saat di TKP.

Diceritakan, sejumlah barang berharga yang disimpan sudah raib. Diantaranya uang Rp 3 juta, sebuah handphone, dan sebuah modem wifi.

Dia juga menuturkan jika ada bekas jejak kaki orang menempel di lantai.”Di lantai terlihat ada bekas jejak kaki. Sepertinya itu jejak kakinya pelaku,” tuturnya.

Tidak hanya itu, pelaku diduga cukup lama berada di dalam ruko itu. Karena sempat mengambil CCTV dan buang air besar (BAB) sebelum kabur.

Dugaan kuat pelaku melakukan aksi kejahatan itu sendirian. Dengan hilangnya sejumlah barang berharga di apotek tempatnya bekerja, dia  kemudian melapor ke bosnya. Dan tak lama berselang, pemilik apotik tersebut melaporkan peristiwa ini ke Polresta Sidoarjo.

Keluhan serupa juga disampaikan pengelola depot bakso yang berada di sebelahnya. Di warung ini, pelaku menggasak uang Rp 10 juta, sebuah handphone, dan sebuah tab.

“Setelah diberitahu oleh penjaga apotek itu, kami juga mengecek. Ternyata kami juga menjadi korban. Selain uang, handphone, dan tab, dua CCTV juga hilang,” ungkap Dhorif, penjaga depot bakso.

Pria 19 tahun ini menduga, pelaku masuk dengan cara memanjat tiang listrik yang berada di depan depot bakso. Sesampai di atas, dia masuk ke lantai dua dengan cara mencongkel jendela.
“Ada jejak kaki, dan bekas congkelan di jendela,” sambung dia.

Jejak kaki terlihat di apotik. Dari atas, ke bawah lewat tangga, di kasir, kemudian balik ke atas. Di lantai dasar apotik juga ada tiga botol minuman bekas diminum, diduga ditenggak oleh pelaku.

Di depot bakso, jejaknya juga ada sampai ke kasir dan toilet. Pelaku diduga sempat BAB dan ditinggal begitu saja tanpa disiram.

Tak lama setelah menerima laporan dari korban, petugas Polresta Sidoarjo juga langsung ke lokasi kejadian.

Beberapa petugas dari inavis Polresta Sidoarjo langsung melakukan oleh TKP. “Kami masih menyelidiki perkara ini. Semoga dalam waktu dekat, pelakunya bisa segera terungkap,” jawab Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Ali Purnomo.

Reporter Yudhi Ardian

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date