Pegawai Kemenag, Terpidana Korupsi TPP Dieksekusi ke Lapas Madiun

Share this :

Madiun, koranmemo.com – Jaksa melakukan eksekusi terhadap terpidana kasus korupsi tunjangan profesi pendidik (TPP) guru Pendidikan Agama Islam di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Madiun, Suprapto, Selasa (3/12).

Staf Pais Kemenag Kabupaten Madiun itu dijebloskan ke penjara Lapas Kelas I Madiun, setelah putusan Kasasi berkekuatan hukum tetap atau inkracht. “Putusan kasasi 1,5 tahun,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun Dzakiyul Fikri.

Proses hukum kasus ini sudah hampir 6 tahun setelah Pengadilan Tipikor Surabaya memvonis  hukuman selama satu tahun, enam bulan penjara dan denda sebesar Rp 50 juta kepada pria asal Desa Sogo, Kecamatan Balerejo ini.

Adapun, vonis yang dijatuhkan tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU yakni selama dua tahun enam bulan penjara. Hingga dilakukan Banding dan Kasasi.
“Tidak ada masalah dengan tuntutan yang diberatkan oleh Suprapto,” katanya.

Diketahui, Suprapto menerima hadiah uang sebesar Rp 245 juta dan rekannya inisial SU dari para guru agama islam SD,  SMP, SMA, SMK Se-kabupaten selaku penerima TPP.

Berikutnya, untuk rekan Suprapto yakni Kasi Pais, hingga saat ini Kejaksaan belum menerima surat putusan Kasasi dari Pengadilan Tipikor Surabaya.
“Berkas dari Pengadilan Tipikor berbeda. Yang satu sudah turun, yang satunya masih menunggu. Kita akan mencoba konfirmasi lagi, nanti akan kita ketahui,” pungkasnya.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu