PDIP, PKB dan Gerindra Dukung Sholahudin

Lamongan, koranmemo.com – Calon bupati Sholahuddin akhirnya mendapat dukungan dari tiga partai yakni Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan,  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kemudian partai Gerindra.

Itu seperti apa yang telah disampaikan oleh ketua DPC PKB Kabupaten Lamongan, H. Abd. Ghofur kepada awak media, Minggu (19/1). “Setelah DPC PDIP menyatakan final berkoalisi dengan PKB, kini giliran Gerindra,” jelasnya.

Dengan bergabungnya partai Gerindra, maka jumlah dukungan semakin besar, karena total kursi dari tiga partai koalisi ini berjumlah 22 kursi, diantaranya PKB 10 kursi, PDIP 8 kursi dan Gerindra 4 kursi.

Artinya tambah Ghofur, jumlah kursi 22 di DPRD sudah lebih dari cukup untuk mendaftarkan dan mengusung calon bupati dan wakil bupati dalam pemilukada pada tahun ini, karena jumlah minimal mengajukan calon ada 20 persen suara sah dalam Pileg atau 10 kursi di DPRD.

“Alhamdulillah kekuatan kami untuk mengusung pak Sholahuddin bertambah lagi, seiring dengan bergabungnya partai Gerindra kemarin,” kata Ghofur disela-sela rapat Konsolidasi di Kantornya,  jelang deklarasi koalisi yang direncanakan dalam waktu dekat ini.

Sementara, ketua DPC Gerindra Lamongan H.M. Tsalits Fahmi juga membenarkan jika partainya berkoalisi dengan PKB, dan PDIP untuk mengusung H.Sholahuddin. “Iya kami resmi berkoalisi dengan PKB dan PDIP dalam Pemilukada 2020, dan kami juga sudah berkirim surat ke DPC PKB pada 17 Januari 2020 lalu,” terangnya

Selain itu, Fahmi menambahkan bahwa keputusan berkoalisi dengan PKB untuk mengusung Sholahuddin lantaran hasil  keputusan partai dan keinginan konstituen, dan juga hasil road show partai, diantaranya hasil audensi DPC Gerindra dengan PCNU Lamongan dan Babat.

Ditambah pula dengan arahan dan petunjuk ketua DPD Gerindra Jawa Timur, serta hasil komunikasi intens sejak September 2019 lalu, dan terakhir pertemuan pada 13 Januari 2020 dengan DPC PKB dan DPC PDIP, dengan keputusan berkoalisi.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu