Pawai Peringatan Maulid Nabi

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Sejumlah santri salah satu taman pendidikan Al-Qur’an di Kabupaten Nganjuk, menggelar tradisi Maulid Nabi Muhammad S.A.W. dengan bersholawat dan tabuh rebana keliling kampung. Kirab tahunan ini juga berbarengan dengan kirab khotmil Qur’an bagi santri yang sudah khatam Al-Qur’an 30 juz.

Tradisi seperti itulah yang biasa dilakukan sejumlah santri, wali santri dan para pengasuh pondok pesantren dan Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Qur’an, di Perumahan Mangundikaran Kecamatan/Kabupaten Nganjuk. Di pagi hari, mereka menggelar tradisi maulid Nabi Muhammad S.A.W. dengan bersholawat dan tabuh rebana keliling kampung.Acara yang bertepatan dengan khotmil Qur’an para santri ini, sekaligus untuk memperingati santri yang khatam 30 juz.

“Kirab sholawat dan khotmil Qur’an ini merupakan tradisi tahunan yang terus dilestarikan sebagai bentuk kecintaan terhadap Rasulullah,” ungkap Bakhtiyar, pengasuh taman pendidikan Al-qur’an.

Tradisi berupa pawai ini dimulai dari halaman pondok pesantren dan berakhir di tempat yang sama. Para santri juga terus membacakan surat-surat pendek Al-qur’an sepanjang perjalanan. Kegiatan inipun menarik perhatian dan mengundang decak kagum masyarakat yang menyaksikan.

Reporter Andik Sukaca
Editor Achmad Saichu