Pawai Alegoris Meriahkan HUT Nganjuk

Nganjuk, koranmemo.com – Kemeriahan hari jadi Kabupaten Nganjuk yang ke-1080 dimulai dengan pelaksanaan Pawai Alegoris dan Kirab Pusaka pada, Minggu (9/4) pagi. Pawai alegoris merupakan prosesi yang bermakna perpindahan atau lebih dikenal masyarakat dengan Prosesi Boyongan pusat Pemerintahan Kabupaten Nganjuk dari Berbek menuju Kota Nganjuk.

Pawai Alegoris ini dibuka langsung oleh Bupati Nganjuk,  Taufiqurrahman.  Kemudian, orang nomor satu Kabupaten Nganjuk tersebut berangkat dari Alun-alun Berbek menuju Kota Nganjuk bersama dengan rombongan lainnya. “Saya, atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Nganjuk mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, yang tetap selalu berpartisipasi dalam terwujudnya Kabupaten Nganjuk lebih maju dan lebih sejahtera,” katanya.

Bupati juga mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah, berupaya melestarikan prosesi boyongan ini agar menjadikan daya tarik tersendiri bagi warga, khususnya yang selalu melestarikan dan mengembangkan obyek wisata di Kabupaten Nganjuk.

Pawai Alegoris diawali dari Alun-alun Berbek menuju Pendopo Kabupaten Nganjuk menggunakan Kereta Kencana yang dihias sedemikian rupa dan becak hias, untuk peserta pawai, terakhir paguyuban sepeda antik, menggunakan sepeda kuno dengan dandanan khas Jawa.

Kereta kencana terdepan ditumpangi Bupati Nganjuk beserta Ita Taufiqurrahman, disusul Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Forpimda Nganjuk, DPRD, Kepala SKPD termasuk Camat dan Institusi lainnya.

Sementara itu, pawai budaya digelar di depan pendopo Kabupaten Nganjuk. Ribuan warga tumpah ruah memadati area pendopo untuk menyaksikan berbagai kebudayaan dan kesenian yang ditampilkan dalam pawai budaya. Di depan iring-iringan pawai terdapat tumpeng besar dan berbagai senjata tradisional. Selain itu, pawai budaya juga menampilkan berbagai macam kesenian.

Peserta pawai berasal dari kalangan siswa SMP, SMA hingga orang dewasa. Setidaknya ada 50 grup peserta yang mengikuti pawai budaya kali ini. Pawai budaya dilaksanakan sebagai puncak perayaan hari ulang tahun Kabupaten Nganjuk ke-1080.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.