Patroli Gabungan Tertibkan Protokol Kesehatan

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Kodim 0810/Nganjuk melakukan patroli gabungan untuk menertibkan masyarakat supaya mematuhi protokol kesehatan dalam menyambut masa kelaziman baru, Jumat (3/7) malam. Patroli yang melibatkan personel Dishub, BPBD, Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan Polres Nganjuk, menyasar titik keramaian yang biasa digunakan orang untuk berkumpul.

Sekitar pukul 19.00 WIB, personel gabungan tersebut berkumpul di halaman Makodim 0810/Nganjuk. Sebelum melakukan patroli, mereka mendapatkan pengarahan dari Dandim 0810/Nganjuk, Letkol Kav. Joko Wibowo, selaku Wakil Ketua I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk.

Selanjutnya, iring-iringan patroli bergegas menuju ke tempat-tempat rawan keramaian, seperti swalayan, warung kopi, PKL, hingga ke kafe-kafe. Petugas yang tiba di lokasi langsung memperingatkan pengunjung untuk menjaga jarak, cuci tangan, dan memakai masker.

“Tujuan dari kegiatan ini dalam rangka mempersiapkan menuju new normal. Kita memberikan edukasi dan himbauan secara masif ke masyarakat, sehingga akan lebih tahu dan siap menuju new normal,” ungkap Letkol Kav. Joko Wibowo.

Letkol Joko menjelaskan, ada beberapa tempat keramaian yang didatangi sambil memberikan peringatan kepada pengunjung maupun pemiliknya agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Hasilnya, pihaknya menemukan beberapa catatan yang akan dijadikan evaluasi, seperti misalnya tidak adanya tanda khusus pada tempat duduk bagi pengunjung menjaga jarak.  Selain itu, terkait ketertiban memakai masker mayoritas masyarakat sudah melakukannya.

“Rata-rata sudah memakai masker, tapi memang ada beberapa yang belum. Sudah kita imbau kepada masyarakat ataupun pemilik tempat jualan supaya menyediakan bagi yang belum memakai masker,” ujarnya.

Lebih jauh, Letkol Kav. Joko Wibowo menyebut untuk ke depan gugus tugas berencana menerbitkan peraturan bupati yang kemungkinan akan mengatur sanksi-sanksi bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Salah satunya mungkin yang tidak memakai masker nanti ada sanksinya. Kalau terkait sanksinya berupa apa, kita lihat saja nanti, ini masih kita godok peraturannya,” pungkasnya.

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Della Cahaya