Pastikan Pembangunan Bandara Segera Dimulai

Share this :

Sementara itu, sebelumnya saat kunjungan Wakil Presiden (wapres) H M Jusuf Kalla (JK), di Kabupaten Tulungagung pada 16 Januari 2017 lalu, Bupati Syahri Mulyo menyampaikan kesiapan pemerintahan daerah terkait rencana pembangunan bandara di Kota Marmer bagian selatan. Mantan legislator DPR Provinsi Jawa Timur dari FPDIP meminta pemerintah pusat untuk segera merealisasikan pembangunan bandara. “Apalagi Kemenhub RI dan PT Angkasa Pura II sudah survei ke Tulungagung,”ujar Syahri Mulyo.

Menurutnya berdasarkan informasi tim survei yang diterima, Kabupaten Tulungagung layak didirikan bandara. Lokasi yang sudah disurvei merupakan lahan milik Perhutani. Artinya soal tukar guling tanah tidak menjadi kendala yang berarti. Tinggal bagaimana pemerintah pusat mengintrusikan kepada kementrian yang punya keterkaitan dengan pembangunan bandara.

Selain itu, lanjut Syahri, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga sudah melayangkan surat kepada menteri perhubungan untuk segera mewujudkan pembangunan bandara. Surat yang ditandatangani Gubernur Soekarwo 19 Januari 2017 itu berdasarkan hasil koordinasi 8 kepala daerah mataraman, eks Karisidenan Kediri dan Madiun. “Dukungan pembangunan bandara di Tulungagung sudah bulat. Tinggal merealisasikan saja,”tegasnya.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo juga menyatakan jika wilayah Campurdarat Tulungagung layak dan aman untuk pendirian bandara baru. Tahun ini diperkirakan proses pembuatan detail engineering desain (DED) akan dimulai dan realisasi pembangunan akan berlangsung dua tahun lagi. “Kemungkinan pembangunan fisik bandara Tulungagung paling cepat baru akan bisa dimulai dua tahun mendatang,” ujarnya.(den/dha)