Pasokan Menurun, Pasar Ikan Lamongan Mulai Sepi

Lamongan, koranmemo.com – Pasokan ikan di Pasar Ikan Lamongan mulai menunjukkan penurunan. Hal itu mulai dirasakan sebagian pedagang ikan. Demikian halnya dengan jumlah pembeli yang kian berkurang dalam tiap harinya.

Salah satu pedagang menyebutkan jika dalam tiap bulannya pasokan ikan dari petani tambak ada penyusutan. Begitupula harganya, tiap hari berubah-ubah. “Berkurangnya kiriman ikan karena, sebagian pemilik tambak beralih ke pertanian,” jelas Sumarsih, Rabu (24/7).

Ditambahkannya, dari kondisi itu juga otomatis sangat berpengaruh dengan ekonominya. Disebutkan pula jika dari pasokan ikan mengalami penyusutan diiringi dengan harganya juga mengalami kemerosotan, maka berpengaruh dengan penghasilan.

“Saat ini untuk daerah yang berpenghasilan ikan rata -rata sudah mengalih fungsikan lahannya dari tambak menjadi pertanian yakni dengan menanami padi. Jadi ya bagaimana lagi,” kata Sumarsi Pasrah.

Kepala UPT Pasar Ikan Lamongan, Sutamadji mengatakan, kondisi seperti itu terjadi dalam tiap tahun tepatnya pada perubahan musim. Besar kemungkinan bulan depan jumlah ikan yang dikirim semakin menurun.

Setiap bulannya kiriman ikan berkurang, itu lantaran lahan petani tambak sudah dialihkan ke pertanian. “Di bulan Juni jumlah ikan mencapai 115 ton/hari. Di bulan Juli menurun menjadi 96,2 ton/hari,” pungkasnya.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date