Pasokan Beras di GBB Gadang Terkendali Hingga 6 Bulan ke Depan

Share this :

Malang, koranmemo.com – Bulog Subdivre Malang memastikan persediaan beras di Gudang Beras Bulog (GBB) Gadang, Kota Malang, tersedia hingga 6 bulan ke depan, Selasa (22/9). Hingga saat ini, persediaan beras di GBB Gadang tercatat 1.500 ton.

Wakil Kepala Kantor Cabang Bulog Kota Malang, Dhanny Yudha menuturkan, persediaan beras di GBB Gadang tersebut berasal dari beberapa daerah di Jawa Timur.

“Kita ambil beras dari petani, penggilingan, kemudian ada dari organisasi Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan). Mulai Tulungagung, Kediri, Lamongan, Mojokerto hingga Lumajang dan lain lain,” ujarnya.

Dhanny menyebutkan, ada 2 kualitas beras di GBB Gadang, yaitu medium dan premium. Kualitas tersebut mengacu pada Peraturan Kementerian Perdagangan (Permendag) RI tentang harga dan spesifikasi Cadangan Beras Pemerintah (CBP). “Jadi beras yang masuk bulog tidak jauh dari spesifikasi yang ditentukan Permendag tersebut,” tuturnya.

Baca Juga: Pasokam LPG 3 Kg di Jombang Dibatasi? Ini Jawaban Pertamina

Menurut Dhanny, sesuai Permendag, harga beli beras di GBB Gadang untuk medium yaitu Rp 8.300 perkilogram yang digunakan untuk CBP, sementara untuk premium Rp 9.000 hingga Rp 9.500 perkilogram. “Jadi beras masuk ke bulog harganya Rp 8.300 dan harga jualnya menyesuaikan program pemerintah. Memang kalau CBP kita tidak bisa kita jual semaunya, karena programnya pemerintah,” ujarnya.

Untuk harga jual beras di GBB Gadang tidak melebihi Rp12.000 yang merupakan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Reporter: Mokhammad Sholeh

Editor: Della Cahaya