Pasca Pegawai Honorer Tertangkap Pesta Sabu, Puluhan Anggota Satpol PP Dites Urine

Jombang, koranmemo.com – Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Jombang dites urine oleh pihak Satresnarkoba Polres Jombang, dengan melibatkan tim kesehatan Polres Jombang.

Tes urine sendiri dilakukan secara dadakan di kantor Satpol PP Jombang di Jalan Kusuma Bangsa No. 36 Jombang, Rabu (28/8) pagi. Tes urine sendiri diduga dilakukan pasca adanya oknum honorer Satpol PP yang ditangkap polisi lantaran nikmati sabu beberapa waktu lalu.

“Tes urine kita adakan menindaklanjuti perintah Kepala Satpol PP (Agus Susilo Sugioto, red) yang memerintahkan tes urine kepada seluruh anggota,” kata Asnan, Kasi SDA Satpol PP Kabupaten Jombang.

Selain itu, Asnan juga tak menampik jika tes urine juga berhubungan dengan penangkapan oknum honorer anggota Satpol PP yang ditangkap karena diduga mengkonsumsi sabu beberapa hari lalu.

“Ini juga menyikapi adanya salah satu anggota kami yang terlibat penggunaan sabu-sabu. Makanya ada perintah semua anggota dites urine agar tidak ada kejadian serupa,” paparnya.

Sayangnya, lanjut Asnan, dari keseluruhan jumlah anggota sebanyak 86 anggota, yang dapat ikut tes hanya sebanyak 68 orang. “Sisanya 12 orang menyusul. Soalnya yang struktural rapat di luar kota (Malang, red). Juga ada yang sakit,” ungkapnya.

Kasat Resnarkoba Polres Jombang Moch. Mukid menambahkan, tes urine dadakan juga sebagai permintaan Kasat Pol PP terkait oknum anggota yang diamankan dalam kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu.

“Alhamdulillah kita laksanakan hari ini bekerja sama dengan pihak Dokkes (Kedokteran dan Kesehatan) Polres Jombang,” tuturnya.

Sementara, itu saat disinggung hasil tes urine terhadap puluhan anggota satpol, Mukid menyatakan hasil tes keseluruhan negatif. “Ini juga sebagai upaya pencegaan penyalahgunaan narkoba semakin meluas,” pungkas Mukid.

Diberitakan sebelumnya, Satresnarkoba Polres Jombang terus melakukan perburuan terhadap mereka yang terlibat dalam peredaran maupun penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu.

Selain menangkap oknum PNS Pemerintah Kabupaten Jombang, ternyata polisi juga membekuk seorang oknum honorer Satpol PP Kabupaten Jombang, berinisial YPS (32), Kamis (22/8) lalu.

Reporter Agung Pamungkas
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date