Pasca Keputusan MK, Ini Pesan Gus Solah

Share this :

Jombang, koranmem.com – Rangkaian sidang sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) berakhir dengan penolakan gugatan yang diajukan kubu Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (27/6).

Hal ini juga mendapat tanggapan pengasuh Pesantren Tebuireng KH. Salahuddin Wahid atau Gus Solah. Ia pun menaruh harapan dimana keadaan yang selama ini cukup tegang, berangsur pulih seperti sedia kala setelah proses Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 berakhir, dengan ditandai keluarnya keputusan MK tersebut.

“Menyampaikan selamat kepada pak Jokowi (Joko Widodo) dan pak Ma’ruf (KH. Ma’ruf Amin), mudah-mudahan diberi kesehatan, kekuatan dan kesabaran. Dan dapat memegang amanah rakyat dengan baik,” kata Gus Solah kepada sejumlah awak media, Jumat (28/6) pagi.

Selain itu, Gus Solah juga mengapresiasi sikap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang mengikuti aturan yang ada dengan mengakui keputusan MK dengan baik.

“Kepada para pendukung tentunya kita harapkan berangsur-angsur mengurangi ketegangan yang ada. Apakah itu ucapan atau (tindakan) di media sosial dan bersama-sama mewujudkan keadaan yang baik seperti sebelumnya,” sambung adik kandung Gus Dur ini.

Gus Solah juga menegaskan, keputusan MK tersebut sifatnya final dan mengikat, sehingga harus dipatuhi bersama. “Pasti ada yang kecewa. Namun juga jangan berlarut-larut dalam kesedihan. Untuk yang menang juga jangan berlarut-larut dalam euforia (kemenangan, red),” ujarnya.

Disinggung penting tidaknya rekonsiliasi antar kedua kubu? Gus Solah menegaskan bahwa hal tersebut tentu saja penting untuk dilakukan terutama di kalangan pendukung. “ Meski tidak mudah dan perlu proses dan perlu waktu juga,” pungkas Gus Solah.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date