Pasca Covid-19, DPRD Sragen Belajar Metode Postur APBD 2021 ke Trenggalek

Trenggalek, koranmemo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Trenggalek kembali menerima kunjungan kerja dari Komisi II DPRD Kabupaten Sragen Jawa Tengah, Jumat (6/11). Wakil Ketua DPRD Trenggalek Doding Rahmadi menyambut rombongan yang datang di Aula Banmus gedung DPRD Trenggalek.

Doding menjelaskan, Komisi II dari DPRD Sragen yang membidangi keuangan ini ingin tahu bagaimana cara Kabupaten Trenggalek dalam melaksanakan penyusunan dan pemanfaatan APBD.

“Mereka melakukan kunker untuk sharing terkait metode pembahasan APBD 2021,” jelasnya.

Terutama metode tentang pendapatan daerah hingga dana transfer dari pusat. Karena semua tahu pasca pandemi Covid-19 ini pelaksanaan dilakukan refocusing.

“Jadi mereka membahas tentang keuangan, karena permasalahan dan struktur APBD daerah juga sama,” tuturnya.

Sementara Untuk Kabupaten Trenggalek Doding menjelaskan, ada pengurangan DAU sebesar Rp 78 miliar dan pengurangan DAK Rp 200 miliar untuk fisik.

Namun pada refocusing ini, langkah yang diambil Trenggalek untuk mengatasi itu telah dilaksanakan. Seperti untuk DAU tetap menyesuaikan, sedangkan setelah refocusing tetap dinaikkan. Setelah dikurangi, maka diambil dari beberapa pos agar bisa naik.

“Pelaksanaan APBD 2021 kita semua sudah berjalan dan kemarin sudah pembahasan nota,” terangnya.

Sementara itu Muslim selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sragen yang memimpin rombongan menjelaskan, sebagaimana disampaikan rekan semua tadi yakni ingin belajar bagaimana postur tubuh APBD tahun 2021.

“Masa pandemi Covid-19, apakah di Trenggalek masih menggunakan asumsi Covid-19 atau tidak,” jelasnya.

Ditambahkan Muslim, karena ketika asumsi Covid-19 dilakukan, banyak anggaran yang diarahkan ke Covid-19.

Selain itu pendapatan saat ini juga jauh menurun, juga sekaligus belajar apa saja pendapatan yang mendominasi PAD di Trenggalek.

“Memang anggaran transfer dari pusat turun dan adanya Covid-19 pasti banyak pendapatan yang menurun,” pungkasnya.

Reporter : Dias Ahmad Farid

Editor : Della Cahaya