Pasca Bom di Medan, Polres Trenggalek Perketat Pemeriksaan Barang Bawaan Pengunjung 

Trenggalek, Koranmemo.com – Kepolisian Resort Trenggalek meningkatkan penjagaan hingga ke tingkat Polsek jajaran menyusul insiden ledakan bom di Mapolrestabes Medan. Pengetatan penjagaan itu ditekankan di pintu masuk hingga objek lain seperti tempat penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang notabene di padati khalayak. Polisi juga memperketat pemeriksaan barang bawaan pengunjung.

Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, peningkatan pengamanan ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang tengah mengurus administrasi pelayanan kepolisian. Ia memastikan pelayanan tetap berjalan sebagaimana mestinya. “Tentunya dengan pendekatan kepada masyarakat secara humanis,” jelasnya, Rabu (13/11). Peningkatan pengamanan itu terlihat banyaknya polisi bersenjata laras panjang lengkap dengan rompi anti peluru berjaga secara buddy system di pintu keluar masuk kantor polisi. Satu persatu kendaraan yang masuk diperiksa menggunakan metal detektor dan mirror detektor. “Kami antisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Outputnya peningkatan kualitas kinerja dan pelayanan publik,” kata Jean.

Peningkatan pelayanan khususnya SKCK, lanjut Jean saat ini meningkat. Mayoritas pemohon SKCK dipergunakan untuk mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jumlah pemohon itu diperkirakan terus meningkat hingga menjelang pendaftaran CPNS 25 November. “Masyarakat tidak perlu takut. Pengamanan ini merupakan protap dan dijalankan sesuai SOP,” imbuhnya.

Selain peningkatan pengamanan internal, polisi juga menggelar patroli secara rutin baik skala kecil maupun gabungan. Patroli ini ditekankan di sejumlah objek vital dan beberapa titik yang dinilai rawan. “Tidak hanya Mako Polres tetapi juga Mako Polsek Jajaran. Sudah saya instruksikan meningkatkan kewaspadaan dan penjagaan di masing-masing Mako,” pungkasnya.

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date